Rapat Persiapan Kunjungan Kemenkomarvest, Kol. Inf. Eppy Gustiawan Siapkan Progess Sektor 22 Citarum Harum

Sektor 22 citarum harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., menghadiri rapat Pembahasan Agenda Kegiatan dan rencana kunjungan Lapangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarvest) Republik Indonesia. di wilayah Kantor Posko Satgas PPK DAS Citarum, Jl. Ir. H. Juanda No. 358, Dago, Kota Bandung, Jumat, 03/09/2021.

Rapat ini membahas tentang rencana yang harus dipersiapkan ketika Kemenkomarvest RI (Jend. TNI Purn. Luhut Binsar Panjaitan) akan melakukan monitoring progres percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum berikut progres ISWMP. 

Kepada awak media Kolonel Eppy Gustiawan mengatakan, bahwa ada beberapa yang harus dipersiapkan ketika kedatangan Menteri Kemenkomarvest, yaitu progres dari masing-masing sektor baik rencana maupun progres yang sudah dilakukan.

"Kita sudah persiapkan beberapa materi tentang perkembangan progres, baik pada penataan daerah aliran sungai maupun perkara tata kelola sampah dari masyarakat sebagai dasar tujuan bersih dan sehatnya sungai," jawab Eppy. 

ISWMP adalah Improvement of Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities, merupakan program berskala nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang beradaptasi dengan berbagai kondisi perkotaan yang berbeda di Indonesia. 

ISWMP ini akan dikembangkan di beberapa kabupaten/kota terpilih di Indonesia. Selaras dengan Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018 dimana sebagian besar dana investasi akan dialokasikan pada beberapa kota atau kabupaten yang berada dalam DAS Citarum.

"Program ini sudah berjalan di wilayah sektor 22, yaitu pada pembuatan TPS3R yang bisa memanfaatkan sampah jadi barang yang berguna maupun incinerator guna pada proses pembakaran tidak mengeluarkan zat yang berbahaya," jelas Eppy. 

Satgas Citarum Harum Sektor 22 telah melakukan progres yang dicanangkan pada Perpres No. 15 Tahun 2018, terutama pada progres pengendalian pencemaran tingkat tinggi pada sungai, yaitu dengan melakukan penertiban Ipal Pabrik dan penertiban bangunan liar di sempadan sungai sebagai tindakan untuk penataan kerusakan daerah aliran sungai. 

Sedangkan pembinaan perbaikan prilaku masyarakat, saat ini mengalami perkembangan pesat dengan olah edukasi melalui sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat, yang mengerucut tidak membuang sampah sembarangan sebagai tujuan dari penciptaan sungai yang bersih dan sehat. 

Rapat ini dihadiri oleh semua instansi terkait tingkat Provinsi Jawa Barat, Deputi DAS dan Persampahan Kemenkomarvest, Asop dan Aster Kodam III Siliwangi, Danrindam III Siliwangi, Dansektor 22 CH, Tim Ahli dan Sekretariat Satgas PPK DAS Citarum, Tim NPMC ISWMP. 
** M. Edwandi

BACA JUGA :

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes