SEKILAS KIM CIPEDES ~ KIM Cipedes
iklan banner
iklan banner

SEKILAS KIM CIPEDES

KIM CIPEDES

Awal mula KIM Kelurahan Cipedes yang telah terbentuk hingga tahun 2014, dalam kondisi fakum di bawah kepengurusannya, pada bulan April 2016 kami mendapat surat tugas untuk mengikuti bimtek internet cerdas sebagai utusan pengurus KIM Cipedes. Dalam menjalani kepungurusan KIM Cipedes kami masih meraba-raba karena belum paham sepenuhnya tentang kelompok informasi masyarakat, beberapa bulan kami masih menggeluti dan mempelajari apa itu KIM ? harus mulai dari mana ? untuk apa ? seperti apa ? anggarannya darimana ? Semua menjadi pertanyaan, hingga kami menyimpulkan untuk membuat media sosial melalui tweeter, dan facebook untuk menyampaikan informasi kegiatan- kegiatan di wilayah Cipedes yang didukung penuh oleh Lurah Cipedes beserta Lembaga Kepemerintahan Kelurahan seperti LPM, PKK, Karang Taruna dan Forum RW, untuk menyampaikan program pemerintah melalui medsos dan WhatsApp kepada masyarakat, setelah 5 bulan kami terinspirasi oleh beberapa warga begitu pentingnya sebuah komunikasi dan informasi.

Atas hal tesebut, pada tanggal, 16 Maret 2016, terbentuklah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi Kota Bandung berdasarkan Surat Keputusan Lurah Cipedes Nomor 10/cpds/SK/V-16. Sekretariat beralamat di Jalan Sukagalih No. 24 Kota Bandung.

KIM Cipedes dibentuk dari masyarakat dan untuk masyarakat dalam bentuk komunikasi dan informasi melalui media sosial atau media elektronik dan media cetak seperti pemberitahuan, perencanaan, pelaksanaan dll, baik yang dilakukan pemerintah maupun masyarakat, dalam hal ini lebih penting bagi masyarakat awam untuk mendapat informasi atau program-program pemerintah agar dapat dirasakan oleh warga masyarakat, begitu juga kegiatan yang di lakukan masyarakat dapat dilihat oleh pemerintah melalui KIM.

Dari sini kami mulai memperkuat dan membuat KIM Cipedes lebih percaya diri untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dalam membantu masyarakat dalam bidang informasi melalui media elektronik http:///kimcipedes.com dan media cetak tabloid Swara Bandung yang dikelola oleh Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kota Bandung Juara bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung.

Ø VISI

  • Kami yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cipedes erkomitmen untuk menciptakan suatu kelompok informasi yang kreatif, inovatif dan mandiri dalam mencari, mengelola hingga menyampaikan informasi ke masyarakat sekitar serta masyarakat dunia.
  • Mewujudkan masyarakat desa yang cerdas dengan pemanfaatan semaksimal teknologi informasi demi kesejahteraan dan tercapainya masyarakat informatif yang cerdas, berdaya dan berbudaya berlandaskan nilai dan moral Pancasila. 
  • Sesuai dengan amanat Undang-undang dan Peraturan Menkominfo dipandang perlu untuk dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dimasing-masing kelurahan dan bila memungkinkan sampai ke tingkat Rt dan Rw,guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan kelompok masyarakat dalam mengisi ruang dan waktu.
  • Guna memudahkan pembentukan KIM diperlukan adanya revitalisasi kelompok- kelompok yang sudah terbangun dimasyarakat sebagai embrio untuk pembentukan KIM.
  • Optimalisasi pemanfaatan media internal dan eksternal guna mempercepat pemahaman masyarakat terhadap pentingnya kehadiran KIM disetiap Kelurahan

Ø MISI

Pemanfaatan Teknologi Informasi dengan menampilkan informasi dan Potensi yang ada di Lingkungannya. Karena KIM menyadari akar kemiskinan yang ada dimasyarakat adalah akibat faktor Pendidikan, dan kurangnya akses Informasi yang diterima. Masyarakat yang cerdas dapat memanfatkan IT secara benar, dengan IT Paradigma tentang Desa Miskin, Petani bisa lebih bermartabat dalam meningkatkan sistem informasi masyarakat, Meningkatkan Produktivitas dan kemandirian bidang usaha masyarakat melalui informasi yang cerdas dan inovatif dan meningkatkan Perkembangan teknologi informasi dengan tetap mengutamakan tradisi dan budaya masyarakat sebagai berikut:

  1. Menjadi mitra kerja pemerintah dan masyarakat dalam penyampaian atau tukar menukar informasi.
  2. Mencari, mengelola serta menyebarkan informasi melalui situs internet dan media lainnya. 
  3. Mengangkat semua informasi yang berkaitan dengan potensi wilayah kelurahan Cipedes agar diketahui masyarakat setempat dan dunia pada umumnya.  
  4. Menjadi motivasi dan inspirasi bagi pengembangan potensi daerah sekitarnya. 
  5. Menjadi saksi bukti dokumentasi dari setiap kegiatan dan pencatat sejarah desa menuju masyarakat demokrasi, adil, makmur dan sejahtera 
  6. Membentuk subtansi penyebar informasi terpercaya sesuai fakta, adil dan berimbang. 
  7. Membentuk wadah komunikasi yang aktif dan informatif. 
  8. Menjaga privasi sumber informasi, adat istiadat, kesopanan serta etika penulisan dan penyebaran informasi. 
  9. Memanfaatkan tehnologi informasi terkini secara tepat guna dan tepat sasaran dalam menjalankan tugas-tugasnya. 
  10. Memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi

Ø MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dibentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cipedes adalah untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan serta kesejahteraan masyarakat.

Tujuan dibentuknya KIM untuk menemukan masalah dan mendiskusikannya bersama kelompok, mengenali dan mencari solusi dalam memecahkan masalah tersebut,membuat keputusan bersama, mengembangkan jaringan informasi dalam memecahkan masalah tersebut dan mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antar KIM/LKM dengan pemerintah atau sebaliknya, agar :

  • Menjamin hak warga negara untuk mengetahui informasi yang sehat cerdasdan mendidik.
  • Mewujudkan fungsi strategis teknologi informasi sebagai wahana pencerdasan masyarakat 
  • Meningkatkan peran teknologi informasi mewujudkan masyarakat adil makmur sejahtera 
  • Terwujudunya informasi yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan dan bermaslahah, 
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan 
  • Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan desa untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas. 
  • Menjadi Mitra kerja Pemerintah dalam menyebarluaskan Informasi Pembangunan kepada masyarakat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. 
  • Menjadi mediator Informasi dan Komunikasi Pemerintah kepada masyarakat secara timbal balik dan berkesinambungan. 
  • Menjadi penerima, pengelola serta penyebar Informasi kepada masyarakat sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat.
Kelompok Infornasi Masyarakat (KIM) Cipedes
Juara II Lomba Kominfo Award 2017
KIM CIPEDES

SUSUNAN PENGURUS
KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)
KELURAHAN CIPEDES KECAMATAN SUKAJADI KOTA BANDUNG


PEMBINA :
  • Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung
  • Camat Sukajadi
  • Lurah Cipedes
PENASEHAT : Sekretaris Lurah
KETUA : Asep Wahyu Hermawan
SEKRETARIS : Martika Edwandi
BENDAHARA : Meri Sulastri
BIDANG PENGELOLA INFORMASI : Suherman
BIDANG PENGUMPUL INFORMASI : Dedi Djunaedi
BIDANG PENYEBARAN INFORMASI : Lili Handayani
BIDANG USAHA : Cecep Rohendi, Nana Supriatna 
BIDANG PUBLIKASI & ADVOKASI : -

SEKRETARIAT :
Jl. Sukagalih No. 24 Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi Kota Bandung
HP : 081910234700, 082117982424
Email : kimcipedes@gmail.com
Media Cyber : www.kimcipedes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Kedongdong Memilih

iklan banner

Dr. Uung Tanuwidjaja, SE., MM.

iklan banner

Hari Jadi Ke-211 Kota Bandung

iklan banner

Trending Minggu Ini

BERITA HARI INI