Sektor 22 Citarum Harum Sub 11 Melakukan Penyiraman Pohon di Bukit Tangga 100

Sektor 22 Citarum Harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Sektor 22 Citarum Harum Sub 11 melakukan penyiraman pohon di lokasi penanganan lahan kritis di bukit tangga 100 di Jalan Parabu Siliwangi Rw10 Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, kota Bandung. Kamis, 30/09/2021.

Bukit Tangga 100 tersebut, dulunya dipenuhi semak belukar, namun sekarang disulap jadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) nan segar.

Dansub 11 Serma Abdulloh Fawzi mengatakan, di lokasi tersebut ditanam tanaman-tanaman produktif seperti kelengkeng, alpukat, durian, sirsak, petai, dan lain sebagainya.

"Di lahan kritis ini harus dioptimalkan dan diberdayakan untuk mencegah erosi dan sedimentasi ke Daerah Aliran Sungai (DAS). Maka perawatan harus terus di lakukan". Katanya.

"Tanaman keras ini lebih di utamakan dilahan kritis ini, agar kerusakan atau sedimentasi bisa di antisipasi. Maka kami rawat agar tumbuh subur.". Tambahnya.

Ia juga mengatakan, diperlukan juga kesadaran dari masyarakat sekitar untuk mengoptimalkan lahan yang dianggap kritis dan tidak potensial.

"Masyarakat harus punya pola pikir baru bagaimana lahan kritis kalau diberdayakan dan punya nilai ekonomi yang sangat luar biasa". Imbuhnya.

Ia optimis, target pemerintah yang akan menuntaskan persoalan di Citarum selama 7 tahun bisa tercapai.

"Semua pihak harus memiliki komitmen yang sama untuk peduli terhadap lingkungannya. Tinggal masyarakat mau merawatnya pohon pohon yang sudah di tanam ini". Katanya.

Ia berharap, setiap wilayah hulu difungsikan sebagai kawasan lindung sehingga mampu mencegah terjadinya kerusakan yang mengakibatkan bencana.

"Dengan menjadikan wilayah hulu sebagai kawasan lindung, sama dengan menambah penampungan air yang mempunyai kapasitas lebih besar". Harapnya.

Sementara itu, Menurut Dansekror 22 Kolonel Eppy Gustiawan, bahwa perawatan pohon harus dilakukan agar tanaman tumbuh sesuai harapan. Bila tanaman produktif ini tumbuh, nantinya masyarakat juga yang menikmatinya.

"Hal ini perlu dilakukan bila tanaman tumbuh maka akan menyelamatkan bahaya banjir di musim hujan. Sehingga fungsi dari tanaman ini sebagai serapan air. Selain itu, juga bisa pemenuhan indeks kebahagiaan masyarakat". Pungkasnya.
** M. Edwandi

BACA JUGA :

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes