Optimalisasi Aksi Pembersihan Sungai Terus Dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03

Sektor 22 Citarum Harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Program Citarum Harum oleh Satgas Sub 03 Sektor 22 yaitu pada pelaksanaan pembersihan Sungai Cilimus di Rw.07 Kelurahan Pajajaran Kecamatan Cicendo Kota Bandung, Kamis, 29/09/2021.

Ceceran sampah domestik yang dihasilkan dari dapur rumah tangga kali ini terlihat sedikit. Namun optimalisasi aksi pembersihan sungai terus dilakukan sebagai konsekwensi satgas mengajak pasukan gober wilayah setempat.

Peltu Suritno (Dansub 06 sektor 22) mengatakan bahwa aksi keseharian pada pengontrolan sungai dilakukan secara optimal pada pembersihan sungai.

"Untuk memperkuat ketahanan bersihnya sungai, kami melakukan patroli sungai yang disertai dengan komunikasi sosial langsung dengan masyarakat, yaitu menyampaikan ketegasan kepada mereka supaya tidak membuang sampah ke sungai," kata Suritno.

Disamping giat baku diatas, satgas sub 03 melakukan pengawasan pembangunan Ipal Komunal yang marak dilakukan se Kota Bandung sebagai upaya menghentikan pencemaran kotoran tinja manusia yang selama ini berlangsung di seluruh sungai.

Program Citarum Harum dalam mewujudkan sungai yang bersih dan sehat, satgas menganjurkan kepada Pemerintah Daerah supaya memrogramkan pembangunan Ipal Tinja Komunal. Sehingga dengan rasa tanggung jawab pengusung program maka Satgas Sektor 22 menjadi eksekutor pengawasannya.

"Ipal Komunal ini layaknya sefticktank biasa di tiap rumah, hanya ada tambahan dari beberapa partikel sebagai netralisir bakteri ekoli dan filterisasi yang berbeda dengan seftickank biasa, juga bisa menampung lebih banyak pembuang tinja rumahan," jelas Suritno.

Dengan pembangunan sefticktank komunal di seluruh pelosok bantaran sungai maka kebersihan sungai dari bahaya bakteri ekoli akan terwujud. Begitupun pencemaran limbah domestik, satgas menggencarkan sosialisasi dilarang membuang sampah ke sungai kepada masyarakat setiap hari yang dilakukan tatap muka langsung.
** M. Edwandi

BACA JUGA :

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes