Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 Cegahan Pencemaran Sungai Dari Kotoran Hewan

Sektor 22 Citarum Harum

KIMCIPEDES.COM, LEMBANG | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16, giat upaya pencegahan pencemaran sungai dari kotoran hewan (kohe) di daya guna menjadi kompos bertempat di Kp. Pasirwangi Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung, Sabtu, 26/9/2021.

Menurut Dansub 16 Serma Epi Nana Rukmana, hasil produksi kompos ini disalurkan keberbagai sumber yang membutuhkan, diantaranya suplay ke sub 15 pembibitan dan ketahan pangan serta sisanya ke petani lokal dan pusat penjualan kebutuhan tani di wilayah Lembang.

"Panen pupuk kompos ini selama 45 hari sekali sebanyak 3ton, digunakan untuk kebutuhan sub 15 pembibitan dan ketahanan pangan guna pemupukan bibit tanaman". Tutur Epi.

Epi mengatakan, Kelebihan pupuk kompos pasca suplay ke pembibitan, satgas menitipkan pula ke toko sumber tani untuk dijual.

"Pengirimannya tidak menentu kadang 100 kantung per bulan yang isi 5 kg, atau sesuai pesanan kalo jumlah mah". Ujar Epi.

Upaya pencemaran dengan daya guna produksi kompos satgas menyebar luaskan ke para peternak sapi, untuk memenuhi kebutuhan pupuk di Kecamatan Lembang bagi petani hortikultur dan sayuran.

Fokus ke pencegahan pencemaran sungai, Anggota Satgas Sektor 22 Sub 16 rutin melaksanakan sosialisasi kepada para peternak dan masyarakat sekitar.

"Kami kunjungi tokoh masyarakat bersama Bapak Dede, Bapak Karhi, Bapak Rumija dan ibu Edah. Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak buang sampah ke sungai dan menjaga kebersihan lingkungan". Pungkas Epi.
** M. Edwandi

BACA JUGA :

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes