Dansektor 22 Citarum Harum Kontrol Stok Bibit Tanaman Keras di Sub 15 Pembibitan

Sektor 22 citarum harum

KIMCIPEDES.COM, CIMENYAN | Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., mengontrol sub sektor pembibitan (sub 15) di Dago Resort Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Rabu, 18/08/2021.

Kunjungan Dansektor 22 ini merupakan pemeriksaan stok bibit tanaman keras, sebagai persiapan reboisasi di lahan kritis di wilayah sektor 22 Citarum Harum.

Menurut Dansektor 22, khusus untuk stok bibit pohon tanaman keras, satgas sektor 22 masih terfokus ke wilayah lahan kritis Kawasan Bandung Utara (KBU) Cimenyan.

"Di wilayah ini masih tersisa ratusan hektar lahan kritis yang perlu di hijaukan oleh tanaman keras, dari luas lahan totalnya 1.430 Ha, baru ditanami pohon keras paling puluhan hektar," ujar Kolonel Eppy.

Satgas Sektor 22 dihadapkan dengan para petani pemilik lahannya merupakan target penghijauan, maka mereka punya kewenangan untuk memertahankan egonya, yaitu tanaman keras akan meneduhi tanaman sayuran miliknya, alhasil akan menghambat kesuburan sayuran.

Argumen masyarakat petani Cimenyan dibantah oleh teknologi terbarukan, ialah perkembangan olah tanam sayuran dengan cara Agro Porestry, yaitu tanaman sayuran diselang sekar dengan tanaman keras masih bisa tumbuh kembang dengan baik.

"Dengan penemuan tersebut disampaikan kepada mereka melalui sosialisasi khusus kami hadirkan narasumber dari Dinas Kehutanan yang mengerti tata cara pola tanam agro porestry, alhamdulillah mereka mau ikuti rencana penghijauan dari kita," imbuh Kolonel Eppy.

BACA JUGA :

Kolonel Eppy Gustiawan menjelelaskan pula bahwa kemauan warga petani itu bersyarat, yaitu jika kami menanam pohon keras di area lahan miliknya berupa tanaman keras jenis buah buahan, permintaan ini disetujui oleh Satgas Sektor 22 Citarum Harum

Hasil penghijauan yang telah dilakukan satgas beberapa tahun yang lalu sudah tumbuh hingga setinggi 6 M bahkan ada juga yang 4 M. Artinya kesepahaman pendapat antara satgas dengan warga sudah berjalan dengan lancar.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes