Sektor 22 Citarum Harum Sub 16 Tingkatkan Produksi Kompos Dalam Mewujudkan Sungai Bersih dan Sehat

Sektor 22 citarum harum

KIMCIPEDES.COM, LEMBANG | Serma Epi Nana Rukmana, Dansub 16 Sektor 22 Citarum Harum, membersihkan Sungai PPI di RW. 07 Desa Lembang Kecamatan Lembang. Sepanjang 250 M sampah bisa terangkat (+-) 200 kg, Kamis, 20/08/2021.

Pembersihan yang dilakukan satgas sektor 22 semarak setiap hari di wilayah kerjanya, sebagai dorongan paradigma bagi masyarakat maupun pemerintah daerah.

"Kami turun ke sungai untuk membersihkan dari sampah domestik yang selama ini dampak dari salah satu prilaku masyarakat yang sudah membudaya sejak dulu, sehingga sungai menjadi kotor," ujar Epi Nana.

Pencemaran sungai baik oleh sampah domestik maupun kimia dan anorganik menurut Serma Epi Nana perlu adanya gerakan yang berkelanjutan oleh pemerintah daerah.

"Satgas Citarum Harum setiap hari melakukan komunikasi sosial dengan menyampaikan sosialisasi program Citarum harum, dengan harapan warga bisa cermat memahami tujuannya," imbuh Epi Nana.

Sosialisasi ini harus lebih dipahami oleh pihak pemerintahan, soalnya secara spontan pemerintah harus pro aktif melanjutkan sosialisasi tersebut dengan pedoman Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Keberhasilan program Citarum Harum sangat dinantikan oles semua kalangan, terlebih pemerintah lebih berharap percepatannya karena jika sungai dan lingkungan bersih juga sehat akan meningkatkan martabat kedaerahan.

Pada penciptaan sungai dan lingkungan yang bersih juga sehat, satgas Citarum Harum sektor 22 sub 16 mengupayakan pendisiplinan tata kelola kotoran hewan bagi peternak.

"Problem yang paling berat Di Kecamatan Lembang adalah Kotoran Hewan, soalnya masyarakat disini 40 % bermata pencaharian peternak susu, sehingga kotoran hewan terproduksi dengan banyak," ujar Epi Nana.

BACA JUGA :

Satgas sub 16 melakukan percontohan pengelolaan kompos, menurut Serma Epi Nana, aksi ini berharap dikembangkan pula oleh seluruh peternak supaya kafasitas kotoran hewan drastis berkurang, sehingga pencapaian Sungai Bersih dan Sehat bisa terkondisikan.
** M. Edwandi


0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes