Satgas Citarum Harum Sub 15 Terus Melakukan Observasi Tanaman Keras

Sektor 22 citarum harum

KIMCIPEDES.COM, CIMENYAN | Satags Citarum Harum Sub 15 (Pembibitan) Sektor 22, terus melakukan observasi tanaman keras sebagai persediaan tanam pohon (reboisasi) di lahan kritis Bandung Utara, Dago Resort, Cimenyan, Minggu, 22/08/2021.

Reboisasi lahan kritis di Kawasan Bandung Utara (KBU), merupakan lahan yang sangat berpengaruh dampaknya se wilayah Bandung Raya maka menjadi sorotan bagi satgas Citarum Harum Sektor 22.

Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., selaku Dansektor 22 Citarum Harum mengambil sikap di KBU Cimenyan merupakan target utama dalam reboisasi, karena wilayah ini sudah berubah fungsi yaitu lahan hutan menjadi lahan pertanian sehingga tanaman hutan musnah berubah menjadi tanaman sayuran.

Dansub 15, Sertu Taufik menjalankan instruksi dari Dansektor 22 supaya terus mengolah bibit tanaman keras, sebagai bibit yang berkualitas dengan tingkat kesuburan yang laik syarat.

"Kami terus berupaya pada perawatan dan pengurusan bibit tanaman keras yang ada di lahan pembibitan, dengan melakukan pemupukan, penyiraman dan menyelia bibit pohon sesuai kadar suhu saat itu," ujar Taufik.

Teknik perawatan pohon dimulai dari penyemaian hingga ke pemindaan ke media polybag nurcisery sangat dibutuhkan waktu dan pengetahuan tinggi, karena sangat berpengaruh pada hasil bibit pohon yang akan ditanam.

"Kami sesuaikan dengan kondisi udara jika melakukan pemindaan bibit tanaman keras ke media polybag, dari kondisi media tanah dengan kandungan unsur hara yang siap tersedia sebagai nutrisi bibit pohon yang sesuai dengan kebutuhannya," imbuh Taufuk.

BACA JUGA :

Dibutuhkan nutrisi yang tepat bagi setiap bibit pohon, jika berlebihan nutrisi akan berdampak pada bibit pohon menjadi kuning daun dan layu dan jika kekurangan nutrisi dampak pada bibit pohon akan kontet (kerdil).
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes