Sektor 22 Sub 02 Satgas Citarum Harum Telusuri Sumber Sampah Yang Mencemari Sungai Cikapayang

Sektor 22 Citarum harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Sektor 22 Sub 02 Satgas Citarum Harum di wilayah Rw 07 Kelurahan Cigadung melaksanakan pembersihan Sungai Cikapayang sepanjang 250M sampah yang terangkat sebanyak 100 kg, Kota Bandung, Senin, 20/09/2021.

Giat yang dipimpin oleh Dansub 02 Peltu Nur Suhud merupakan bukan temuan hal yang signifikan, ia mengatakan bahwa temuan di sungai ini seperti biasa terjadi bukan faktor masyarakat semata tetapi bisa juga dimungkinkan karena fasilitas di lingkungan kurang memadai.

"Jelas sekali kita dilapangan setiap hari melakukan patroli sungai, ketika kita menelusuri sumber sampah ternyata ada juga yang kurang terfasilitasi bidang penampungannya ya akhirnya sampah tidak terkoordinir dengan kafasitas yang ada," kata Nur Suhud.

Sektor 22 Citarum harum

Satgas terus memperjuangkan atas sinkronisasi antara kebutuhan tampungan sampah bersama pemerintah, namun setelah di survay ternyata lahan untuk pembangunan penampungan sampah tidak ada. Setelah dinkonfirmasi ke pihak kelurahan alasanya harus belanja modal lahan.

Pemerintah tidak bisa disalahkan, karena anggaran untuk saat ini kena dampak refocussing. Kalaupun ada anggaran lahan yang harus dibeli tidak ada.

Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus berupaya memecahkan polemik ini yang bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun dengan pihak kewilayahan.

"Kami konsisten dengan tugas yang kami jalankan sesuai perintah Perpres No 15/2018, oleh karena itu sosialisasi kepada masyarakat terus berjalan atas dukungan aparat di wilayah," imbuh Nur Suhud.

Perjalanan tugas satgas Citarum Harum sektor 22 menuai perkembangan yang jelas, yaitu tingkat edukasi yang diterapkan kepada masyarakat sudah mulai menerap, tahap demi tahap penertiban bangunan liar dan penghijauan sudah berjalan normal.

"Karena hal ini merupakan faktor utama untuk mencapai cita cita dari program Citarum Harum, yaitu penciptaan fasilitas pemeliharaan Daerah Aliran Sungai sudah terjembatani," imbuh Nur Suhud.

Tindakan ini pasukan satgas sektor 22 mengawalinya melalui sosialisasi dan edukasi, sehingga masyarakat mengerti salah dan benarnya atas prilaku mereka masa dahulu.
** M. Edwandi

BACA JUGA :

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes