Dihadapan Warga Batujajar, Dansektor 9 Citarum Harum Paparkan Tentang Sampah dan Kerusakan Lingkungan

Sektor 22 Citarum Harum
Dansektor 9 Citarum Harum Kolonel Inf. Amir Mahmud (tengah) saat pemaparan tentang sampah dan kerusakan lingkungan, bertempat di Aula Desa Cikande Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Kamis, 24/10/2019

KIM CIPEDES, KAB. BANDUNG BARAT - Satgas Citarum Sektor 9 melaksanakan sosialisasi lanjutan bersama masyarakat dan penggiat lingkungan di Aula Desa Cikande Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Kamis, 24/10/2019.

Kegiatan kali ini lebih ditekankan kepada merubah perilaku hidup sehat tertib disiplin sehingga timbul kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan cara mengolah dan memilah sampah sebelum dibuang ke TPS.

Sosialisasi diikuti 100 peserta dan dihadiri oleh Polsek Batujajar Kompol Jose, Babinsa Cikande Serka Kandar, dan Babinkantibmas Cikande Aipda Budi.

Dansektor 9 Citarum Harum, Kolonel Inf Amir Mahmud memaparkan tentang sampah dan kerusakan lingkungan, dengan tujuan agar masyarakat di Desa Cikande lebih memperhatikan kebersihan tempat tinggal mereka pribadi serta lingkungan disekitarnya.

" Saya mengajak kepada masyarakat Cikande untuk berperan aktif dalam pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dari pencemaran dan kerusakan, kita bisa lihat bahwa persoalan yang ada di Citarum, salah satunya adalah sampah rumah tangga".

"Setiap musim penghujan, kita bisa lihat sampah dari mana - mana yang mengalir di sungai Citarum, menumpuk di Waduk Saguling, jumlahnya bisa mencapai jutaan kubik," ungkap Dansektor 9.

"Sementara kita tahu, bahwa Waduk Saguling airnya dimanfaatkan untuk pembangkit listrik yang menerangi wilayah Jawa dan Bali, dan saat ini Saguling sudah mengalami pendangkalan, salah satunya diakibatkan oleh sampah yang dibuang ke sungai ataupun anak sungai," tutur Kolonel Inf Amir Mahmud.

Lebih lanjut diutarakan Dansektor 9," kesadaran akan lingkungan harus kita mulai dari diri kita masing - masing, selanjutnya kepada rumah tangga kita, lalu kelingkungan sekitar yang lebih luas".

"Harus diingat bahwa masih ada generasi setelah kita, jangan sampai kehidupan anak cucu kita nanti menderita karena lingkungan yang tercemar karena ulah kita semua," ucap Dansektor 9.

"Mari kita jaga alam maka alam akan menjaga kita, jangan pernah mewariskan alam yang rusak kepada generasi yang akan datang," tutur Kolonel Inf Amir Mahmud.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat, Adi menyarankan agar masyarakat lebih bijak dalam membuang sampah.

"Pilahlah terlebih dahulu sampah yang akan dibuang, pisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik, kalau kita bersahabat dengan sampah, itu akan menjadi nilai yang ekonomis," ujarnya.

"Selain memilah sampah, masyarakat juga diharapkan membuat lubang biopori di setiap rumah, itu sangat berguna sebagai resapan air," katanya.

"Biasakanlah hidup bersih seperti yang tadi disampaikan oleh Dansektor, mulailah dari sekarang, jangan sampai karena ulah kita, lingkungan jadi tidak sehat," kata Adi mengakhiri paparannya.

Kegiatan dilanjutkan tanya jawab seputar sampah dan lingkungan, diakhiri dengan sesi foto bersama.
* M. Edwandi/JPCH

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes