BNPT Bersama FKPT Jabar Gelar Seminar Integrasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya di Sekolah Dalam Menumbuhkan Harmoni Kebangsaan

BNPT Bersama FKPT Jabar
Yaya Sunarya, MM., MH - Ketua FKPT Jabar

PADALARANG, KIM CIPEDES - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Barat akan mengadakan seminar Integrasi Nilai-nilai Agama dan Budaya di Sekolah Dalam Menumbuhkan Harmoni Kebangsaan melalui FKPT, bertempat di Masion Pine Hotel Kotabaru Parahyangan, Kamis (23/5/2019).

Ketua FKPT Jawa Barat, Yaya Sunarya, SH. , MH mengatakan kegiatan ini bertujuan memperkuat kapasitas guru kelas TK/PAUD dan Guru Pendidikan Agama di tingkat SD/MI sederajat dan SMP/MTs sederajat dengan pemahaman antiradikal terorisme beserta cara – cara praktis pencegahan penyebaran paham radikal terorisme melalui proses pembelajaran dan penguatan pada pemahaman terhadap nilai-nilai kebudayaan.

Lebih lanjut diungkapkan Ketua FKPT Jabar, Yaya Sunarya, SH., MM, saat ini informasi paham radikal terorisme ke pelajar semakin gencar melalui media sosial, guru, maupun sistem pembelajaran di dalam dan luar kelas.

Yaya memaparkan Hasil Survei Nasional Tahun 2018 yang dilakukan oleh Subdirektorat

Pemberdayaan Masyarakat Direktorat Pencegahan. Survei menunjukan bahwa para pelajar (generasi milenial) tidak memiliki bekal pemahaman keagamaan yang kuat, untuk memperoleh pemahaman keagamaan. Mereka lebih mengandalkan pengetahuan dari media sosial, padahal tidak jelas sumber/asal-usulnya.

“Sedikitnya ada cara masuknya pemahaman agama yang mengarah pada radikal terorisme. Pertama melalui guru, kedua melalui pembelajaran. Kita tahu, ada juga guru agama yang malah mengajarkan paham radikal kepada siswa. Ini yang harus kita cegah,” kata Yaya sapaan akrab Ketua FKPT Jabar ini. 

Metode yang diterapkan agar paham antiradikal ini bisa dipahami para guru, kata Yaya, adalah melalui seminar, pelatihan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lomba desain pembelajaran inspiratif.

Narasumber yang akan hadir menyampaikan materi adalah Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Dr. Hj. Andi Intang Dulung M.H.I, Ketua Ma’arif PWNU Jabar, Dr.KH.Abudin Mpd, dan Ketua Bidang Agama,Sosial,dan Budaya FKPT Jabar, Dr.KH.UtaWijaya. 
* M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes