Kapolri Pantau Kondisi Arus Mudik 2017

KIM Cipedes, Kab. Bandung - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F. Moeloek melakukan pantauan kondisi arus lalulintas di beberapa wiayah Jawa Barat, Jum'at (30/6).

Saat meninjau arus balik di Pos Pelayanan Lebaran 2017 Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kapolri menilai secara umum arus mudik Lebaran 2017 ini lancar. Untuk arus balik, pihak kepolisian akan fokus untuk menyelesaikan masalah di Nagreg, pasar, serta beberapa tempat wisata dan kuliner. “Alhamdulillah lancar semua arus mudik. Untuk Gentong-Nagreg permasalahan topografi (jalan) yang berkelok-kelok, dan yang kedua adalah adanya pasar, restoran, lalu pengendara berhenti untuk selfie, dan lain-lain,” kata Tito.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan jalur lingkar Nagreg yang telah dibangun hanya bisa menyelesaikan masalah lalu lintas di sekitar Nagreg saja. Ke depan, jalur ini perlu diwaspadai agar tidak terjadi masalah serius, terutama saat terjadi arus mudik dan balik lebaran.

Aher menjelaskan pihaknya sejak tahun lalu telah mengajukan pelebaran jalan dan pembangunan tol baru untuk jalur Selatan Jawa Barat. Tol baru dengan nama Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) ini diharapkan mampu menyelesaikan persoalan lalu lintas di jalur Selatan, terutama saat arus mudik dan balik lebaran,’’ katanya.

Sedangkan untuk jangka pendek, kata Aher, masalah kepadatan lalu lintas bisa diatasi dengan manajemen traffic seperti penerapan jalan satu arah ketika kepadatan terjadi. “Selain pelebaran jalan, untuk solusi jangka panjang, juga bisa tol Cigatas. Kita sudah memasukkan Cigatas ke rencana nasional. Jadi, tinggal di nasional diterapkan nanti baru jalan (proses pembangunan),” tuturnya.

Hal yang sama disampaikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Aher, mengapresiasi kerja seua pihak baik aparat kepolisian, TNI dan pemerintah daerah yang telah berhasil menurunkan kamacetan dan angka kecelakaan pada musim mudik lebaran 2017.

Angka kecelakaan pada arus mudik tahun ini di jalur Selatan Jawa Barat menurun signifikan. Angka kecelakaan turun hingga 47 persen, jumlah korban meninggal dunia turun 68 persen, luka berat turun 20 persen, dan luka ringan turun 52 persen

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan fasilitas penunjang seperti penunjuk arah dan lain-lain cukup membantu kelancaran lalu lintas pemudik. Kami berkomitmen untuk menyelesaikan masalah kepadatan lalu lintas di Nagreg.

Sementara itu Menteri Kesehatan mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak termasuk posko gabungan kesehatan yang ditempatkan di beberapa titik sangat membantu para pemudik.

Setelah mengunjungi Pos Pelayanan Lebaran 2017 di Cileunyi, Kapolri bersama Menteri Perhubungan dan Menteri Kesehatan menuju Cikopo dengan Menggunakan helikopter jenis Dolpin yang landing dan take off dari lapang sepakbola STPDN Jatinangor. Tim KIM Cipedes

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes