Gelar DANGMAGAI Dansatgas Mobile Yonif 300/Bjw dari Suku Damal Papua

Dansatgas Mobile Yonif 300/Bjw


KIMCIPEDES.COM, ILAGA UTARA PAPUA | Komandan Satgas Mobile Yonif 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P., melalui sebuah ritual bakar batu dianugerahi gelar kehormatan "DANGMAGAI" dari masyarakat Suku Damal Mayuberi Ilaga Utara, Sabtu (10/02/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Mobile Yonif 300/Bjw, Letnan Kolonel Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P., dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kab Puncak, Papua, Minggu (11/02/2024).

Gelar “DANGMAGAI” yang diberikan oleh Kepala Suku Besar Damal Kab. Puncak sebagai ucapan terima kasih atas kontribusi yang diberikan Satgas Yonif 300/Bjw Siliwangi dalam membantu kehidupan masyarakat Suku Damal Mayuberi.

Penganugerahan digelar melalui acara bakar batu sebagai sebuah tradisi penting masyarakat Papua Pegunungan berupa ritual memasak bersama-sama warga di satu daerah dengan tujuan untuk bersyukur menyambut kebahagiaan seperti kelahiran, perkawinan adat, penobatan kepala suku atau pemberian penghargaan kepada seseorang yang penting.

Gelar "DANGMAGAI" tersebut langsung disematkan oleh Kepala suku Damal Ilaga Utara Bapak Yarinus dengan disaksikan oleh Kepala Suku Besar Damal Kab. Puncak dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

DANGMAGAI berasal dari dua etnik keluarga yaitu "DANG" dan "MAGAI" yang dijadikan satu etnik "DANGMAGAI" berarti etnik/ras tertinggi suku Damal di Ilaga Utara.

Kedekatan antara masyarakat dengan Satgas Mobile Yonif 300 Siliwangi tidak terjadi serta merta. Personel Satgas secara terus menerus berupaya untuk membantu kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program seperti pembangunan Honai bersama, pembangunan sekolah darurat, patroli kesehatan Honai serta membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Dansatgas Mobile Yonif 300/Bjw


“Kami menyadari besarnya rasa persaudaraan dan perhatian yang diberikan masyarakat Suku Damal Mayuberi Ilaga Utara Papua kepada Satgas. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan "DANGMAGAI" yang diberikan dan berharap persaudaraan antara masyarakat dan Satgas 300 dapat terus terjalin," Ucap Dansatgas.

Semoga kedekatan dan persaudaraan yang telah terjalin antara masyarakat Mayuberi Ilaga utara dengan Satgas 300 Siliwangi dapat terjalin terus sehingga akan menjadi simbol kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Kepala Suku Besar Ilaga Utara Bapak Micolaus Ahabal sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Satgas Mobile Yonif 300 Siliwangi yang selalu menjaga dan melidungi masyarakat sejak datang hingga saat ini. Satgas selalu turun tangan saat masyarakat kesulitan, serta tidak pernah berdiam diri di Pos dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat. 

Sumber : Pendam III/Siliwangi
Penulis : M. Edwandi.

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes