Rd. H. Gunawan Sumadikara Berikan Piagam Penghargaan Kepada 10 Ketua Korwil DPD APERSI Provinsi Jawa Barat


Rakerda DPD Apersi Jabar


KIMCIPEDES.COM, BANDUNG |  Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD APERSI Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dilaksanakan berdasarkan amanat AD/ART APERSI, dalam rangka melakukan evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan kebijakan organisasi yang ditetapkan oleh Musda VI DPD APERSI JAWA BARAT pada tahun 2022, serta menetapkan Program Kerja lanjutannya yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota pada saat ini. 

Rakerda DPD APERSI Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dengan tema Peran Serta DPD APERSI Jawa Barat Dalam Mendukung Keberlangsungan Program Perumahan Bersubsidi Sebagai Program Strategis Nasional.

Ketua Umum DPP APERSI, H. Junaidi Abdillah, S.E., MM didampingi Ketua DPD APERSI Provinsi Jawa Barat, Rd. H. Gunawan Sumadikara  membuka secara resmi Rakerda DPD APERSI Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali, bertempat di Favehotel Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No.25 – 27  Bandung, Kamis, 23/11.2023.

Rakerda DPD Apersi Jabar


Ketua DPD APERSI Provinsi Jawa Barat, Rd. H. Gunawan Sumadikara mengatakan tanggungjawab keberhasilan Program Sejuta Rumah di Jawa Barat tidak bisa dinisbatkan hanya pada para pengembang atau kalangan perbankan penyelenggara KPR. Gerakan Nasional Program Sejuta Rumah adalah hajat bersama yang membutuhkan komitmen politik yang kuat antara pemerintah Pusat, Provinsi, Kota dan Kabupaten, sebagai pemangku kebijakan, keputusan, fasilitator / regulator pembangunan didaerahnya dengan kalangan perbankan dan pengembang perumahan sebagai pelaku.

Rakerda DPD Apersi Jabar


Untuk itu, kata Kang Gun sapaan akrab Ketua DPD APERSI Provinsi Jawa Barat ini, diharapkan Pemerintah lebih serius lagi dalam menata regulasi yang tepat, sehingga, Program Sejuta Rumah bisa benar-benar terealisasi secara optimal karena program ini sangat dibutuhkan masyarakat," ungkapnya.

Menurut Kang Gun, Anggota DPD APERSI Jawa Barat berjumlah 1.367 pengembang. Adanya stimulus Program Sejuta Rumah membuat DPD APERSI Jabar menargetkan penyediaan 35.000 unit rumah subsidi. Per November 2023, DPD APERSI Jawa Barat telah menyediakan 25.000 unit rumah subsidi dengan menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bekerjasama dengan perbankan," pungkas Kang Gun.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum DPP APERSI, H. Junaidi Abdillah, SE.,MM mengatakan bahwa Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) menargetkan pembangunan rumah subdisi sebanyak 100 ribu unit pada tahun 2023, terdiri dari pembangunan rumah subdisi sekitar 70 persen melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) program pemerintah dan 30 persen rumah komersil untuk masyarakat menengah.

Langkah tersebut, kata Junaidi dilakukan sebagai dukungan terhadap program pemerintah agar masyarakat lebih mudah memiliki rumah melalui KPR perbankan. “Kami Targetkan 100 ribu unit setiap tahun merupakan KPR subdisi dan rumah komersial,” ungkap Junaidi, 

Menurut Junaidi, ada beberapa faktor yang menghambat masyarakat dalam memiliki rumah yaitu keterbatasan lahan dan regulasi perbankan, termasuk perubahan berbagai kebijakan dari pemerintah.

“Target kami sebelumnya mencapai 130 ribu unit,” ujarnya. Ia menyebutkan, hampir 70 persen masyarakat berpenghasilan non-fixed income (masyarakat informal) seperti berprofesi sebagai pedagang, membutuhkan perhatian khusus.

Pasalnya, pedagang dan pengusaha kecil tidak memiliki administrasi yang lengkap sehingga terkendala untuk mengambil KPR.

Untuk itu, keterlibatan Apersi diharapkan bisa mengedukasi masyarakat supaya bisa mendapatkan pembiayaan dari perbankan. “Minimal edukasi melalui pengembang sehingga masyarakat bisa memiliki rumah,” ucap Junaidi.

Kemudian, Apersi juga berkomitmen mengupayakan masyarakat berpenghasilan rendah mendapatkan kemudahan dalam pengajuan KPR rumah. Pemerintah juga diharapkan bisa memberikan regulasi dan kebijakan yang mempermudah masyarakat, khususnya yang berpenghasilan rendah. “Mereka sama sebagai warga negara sehingga memiliki hak yang sama untuk memiliki rumah,” ujar Junadi.

Pada kesempatan tersebut, seusai menggelar Rapat Pleno, Rd. H. Gunawan Sumadikara memberikan Piagam Penghargaan kepada 10 Ketua Korwil DPD APERSI Provinsi Jawa Barat atas dedikasi dan loyalitas dalam memajukan DPD Apersi Jawa Barat.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes