Sektor 22 Citarum Harum Sub 04 Semakin Gencar Rawat Sungai

Sektor 22 Citarum Harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 semakin gencar dilakukan, merupakan realisasi dari Perpres No 15 Tahun 2018 dengan tujuan edukasi mental supaya paradigma masyarakat dan pemerintah terbangun dalam kepedulian bersih dan sehatnya sungai.

Hal diatas diucapkan oleh Dansub 04 Sektor 22 (Peltu Ace S) dalam apel pagi satgas sebelum melakukan perawatan di Sungai Cikapundung wilayah Rw.06 Kelurahan Ancol Kecamatan Regol, Selasa 26 Juli 2022.

"Pelaksanaan karya bakti pembersihan sungai setiap hari kita lakukan adalah bertujuan untuk meningkatkan paradigma masyarakat secara moral, sehingga mereka bisa iba dan meningkatkan keyakinannya pada kepedulian bersihnya sungai dan lingkungan," lantang Ace. S dihadapan anggota Subsektor 04 sebelum melakukan perawatan di Sungai Cikapundung.

Ia lebih menerapkan sikap edukasi tentang program Citarum Harum, dengan tujuan supaya masyarakat dan aparat kewilayahan bersama-sama lebih memerhatikan prilaku warga lain untuk membimbing Cinta dan Peduli Kebersihan sungai dan lingkungan.

Sikap ini sering dilakukan pada giat khusus yaitu sosialisasi, namun menurut Peltu Ace S bahwa sosialisasi itu bukan hanya dengan menerangkan materi secara tatap muka saja, namun dengan aksi gerak fisik pada pembersihan sungai pun dapat menguatkan keyakinan untuk membangunkan paradigma mereka.

"Kita memberi contoh sebisanya, dalam aksi pembersihan sungai ini saya yakin mereka akan menilai bahwa kita serius merawat sungai untuk menuju bersih dan sehatnya sungai, sehingga mereka merasa diajak turut larut secara mental," jelas Ace.

Pada pembersihan Sungai Cikapundung wilayah ini Satgas Sektor 22 Sub 04 berhasil mengangkat sampah domestik dan rumput liar sebanayak 220 kg dari sepanjang 100 M sungai yang dibersihkan.

Untuk lebih jauh lagi pada penilaian paradigma masyarakat, Satgas Sektor 22 Sub 04 berbagi wilayah untuk melakukan patroli sungai, sehingga pola sikap masyarakat bisa terpantau lewat kondisi sungai yang ada saat ini, juga bisa mengetahui efek jera yang selama ini dikemas oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 terhadap masyarakat melalui berbagai aksi dan ajakan.

"Kita melakukan patroli sungai dan sosialisasi secara door to door kepada masyarakat, sekalian memantau perkembangan terkini pada kondisi sungai, besoknya baru kita lakukan aksi sesuai dengan temuan saat patroli jika ada," tutup Peltu Ace S.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes