LPM Kelurahan Cipedes Akan Terapkan Swakelola Type 4 PIPPK Tahun 2020

LPM Kelurahan Cipedes

KIMCIPEDES.COM, SUKAJADI – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cipedes mengadakan Pelatihan Intensif Swakelola Type 4 dalam Pengelolaan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) oleh kelompok-kelompok Masyarakat.

Pelatihan Intensif Swakelola Type 4 ini dibuka oleh Lurah Cipedes, H. Dedi Rustandi, SH, dengan menghadirkan Narasumber Ketua DPD LPM Kota Bandung, DR. Merdi Hajiji, SE.,MH.,M.Si, bertempat di Aula Kelurahan Cipedes, Jalan Sukagalih No. 24 Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Jumat, 27/12/2019.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Camat Sukajadi diwakili oleh Kasi Tramtib Kecamatan Sukajadi, Toto. Peserta pelatihan ini terdiri dari, LPM, PKK, Karang Taruna, BKM, dan Ketua RW Se-Kelurahan Cipedes.

Ketua DPD LPM Kota Bandung, , DR. Merdi Hajiji, SE.,MH.,M.Si mengatakan berdasarkan Peraturan Wali Kota Bandung No. 34 Tahun 2019 tentang Pentunjuk Teknis PIPPK, masyarakat harus bisa mempersiapkan diri dengan adanya pengelolaan PIPPK swakelola Type 4 oleh kelompok masyarakat. Ini menjadi sebuah pilihan, kata diundang-undangnya dapat, tidak menjadi harus. Jadi sebuah pilihan ketika masyarakatnya siap bisa melaksanakan swakelola Type 4 dalam pengelolaan PIPPK. Jika masyarakat belum siap, dengan kondisi demografi dan lain sebagainya lebih baik dengan cara lain pengelolaan PIPKK. Karena di Perwal tersebut dituangkan dan memberi ruang kepada masyarakat untuk memilih pengelolaan PIPPK di masyarakat,” ungkap Merdi.

Sementara itu, Lurah Cipedes, H. Dedi Rustandi, SH, sangat mengapresiasi giat LPM mengadakan Pelatihan Insentif Swakelola Type 4 dengan mengundang narsumber Ketua DPD LPM Kota Bandung sehingga dapat meningkatkan pemahaman seluruh LKK yang ada Kelurahan Cipedes yaitu, Karang Taruna, PKK, RW. Semuanya jadi memahami dan segera mempersiapkan kelompok masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan secara swakelola Type 4 ini,” tutur Lurah Cipedes.

Ketua LPM Kelurahan Cipedes, M. Raka Mandala Putra mengutarakan bahwa LPM akan selalu berupaya untuk melakukan pemerataan pembangunan dikewilayahan dengan mengadakan sosialisasi dan pelatihan-pelatihan kepada warga masyarakat.


Menurut Raka, pembangunan diwilayah Cipedes sudah bagus, tahun kemarin pengelolaan PIPPK menggunakan swakelola Type 1, dan tahun sekarang kita pakai Type 4, supaya pemberdayaan masyarakat lebih berdaya,” ujar Raka.

Ketua Forum RW Kelurahan Cipedes, Suherman sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan LPM Kelurahan Cipedes yang menyelenggarakan sosialisasi dan Pelatihan Swakelola Type 4 untuk PIPPK Tahun 2020, mudah-mudahan akselarasi pembangunan di Kelurahan Cipedes lebih tertata lagi. 
*M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes