Sektor 22 Citarum Harum Cor Saluran Pembuangan Limbah PT. Yasako


KIM CIPEDES, BANDUNG - Dansektor 22 Citarum Harum Kolonel Inf Asep Rahman Taufik menemukan langsung lubang pembuangan limbah PT. Yasako mengalir ke sungai Citepus Kelurahan Mekar Wangi, air limbah yang masih hitam mengalir tak hiraukan Komandan Sektor 22 selaku Satgas Citarum yang lagi berdiri di bantaran sungai Citeupus.

Kejadian tersebut, ketika Dansektor 22 Citarum Harum  Kolonel Inf. Asep Rahman.Taufik saat melakukan pengontrolan jaring sampah yang rusak akibat hanyut oleh banjir, saat itu pula Dansektor memanggil Subsektor 13 dan Subsektor 14 karena merupakan perbatasan wilayahnya ke 2 subsektor.

Dansektor 22 mengutus Serma Candra untuk mengecor lubang limbah tersebut , subsektor 13 (Serka Andrian) dan subsektor 14 (Peltu Syahril) langsung bergerak dengan baraya Citarum serta disaksikan aparat kecamatan Bandung Kidul melakukan pengecoran saluran limbah PT Yasako Kamis (24/10) dari pihak Yasako diwakili Ari selaku Manager.

PT.Yasako jalan Moh.Toha No.392 Kota Bandung yang terkesan membandel karena sudah beberapa kali di peringatkan, Dansektor 22 dengan surat perjanjian maupun sangai sosial. Namun masih saja tetap membandel dan melakukan kesalahan dan ahirnya di cor.


Menurut Dansektor 22 Kolonel Asep Rahman Taufik,” kami telah beberapa kali peringatkan mulai dari surat petingatan hingga sangsi sosial,tapi anda masih tetap membandel ya terpaksa mulai 10 hari kedepan kami tutup, perbaiki dulu Ipal nya ,” Tegas nya.

Dansektor menambahkan dengan di temukannya saluran ini depan mata saya sendiri berarti yasako main- main tidak punya komitmen sesuai perjanjian yang sudah di buat sebelumnya, yang akan men dukung program citarum, jadi harus diperhatikan 10 hari kedepan untuk memperbaiki ipal nya.dan terpakasa saluran ini kami tutup ,” Pungkasnya.

Sementara Ari perwakilan dari PT yasako menuturkan ,” Saya mengaku salah atas kelalaiyan ini, padahal pimpinan kami sudah wanti – wanti agar berhati – hati , dan perhatikan masalah ipal, namun operator kami kecolongan dari endapan batu bara yang kurang bagus jenisnya kaya mengandung karbon ,” Kilah nya.

Sekcam Bandung kidul yang menyaksikan pengecoran mengatakan ,” saya sangat apresiasi pada satgas citarum harum yang begitu masive dalam melaksanakan tugas nya , saya berharap para pelaku industri di wilayahnya untuk saling menjaga , agar tidak mencemari sungai dan dukung program citarum jangan cuma slogan saja ,” Pungkas nya.

Dengan adanya beberapa pabrik di kota Bandung yang di cor saluran limbah nya oleh satgas citarum , hal ini tentu untuk memberi efek jera kepada pabrik nakal serta dukungan terhadap perbaikan DAS citarum secara serius .
*M. Edwand

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes