Program Disdik Jabar : SMAN 1 Padalarang Gelar SmarTren di Bulan Ramadhan 1445 H

smartren


KIMCIPEDES.COM, PADALARANG | Mengisi ilmu-ilmu keagamaan selama Ramadan 1445 Hijriah, tahun 2024. Sekolah di tingkat SMA, SMK dan SLB, di Jawa Barat melaksanakan kegiatan dengan nama SmartTren.

Salah satu sekolah yang telah melaksanakan SmartTren tersebut yakni SMA Negeri 1 Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan SmarTren tersebut berlangsung di Masjid SMA Negeri 1 Padaarang, Kamis (14/3/2024) kemarin.

Kepala SMAN 1 Padalarang, Lina, mengatakan kegiatan SmartTren diisi materi tentang ilmu Al-Qur’an dan Fikih yang disampaikan oleh salah seorang guru.

Dikatakan Lina, SmartTren bertujuan melatih sikap dan perilaku siswa untuk menyiapkan pembiasaan yang lebih baik terutama bagi siswa-siswi SMAN 1 Padalarang.

“Ini merupakan pendidikan karakter di bulan Ramadan yang diharapkan oleh kita adalah karakter anak mempunyai keimanan dan takwa yang meningkat,” ujarnya.

Kemudian, siswa juga akan diasah dari segi keagamaan, khususnya dalam pembiasaan, seperti shalat, tilawah, dan ilmu ke-islaman lainnya. Pembiasaan lain yang tak kalah penting adalah berbagi, tuturnya.

Alhamdulillah di sekolah sudah ada pembiasan infak, hasilnya untuk membangun masjid. Karena pembiasaannya sudah ada, kita lanjutkan untuk program beasiswa umrah yang sudah disosialisasikan dari tahun lalu,” ungkap Lina.

Selain itu, di bulan Ramadan ini pihak sekolah akan mewakafkan Al-Qur’an dan mukena ke pesantren serta berbagi kebutuhan pokok bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan, kata dia.

Dia juga berpesan kepada siswa agar bisa menyerap dengan baik semua nasihat-nasihat yang disampaikan. “Ibarat air, hati ini bisa keruh. Dan cara untuk membersihkan kembali adalah dengan menuangkan air putih sebanyaknya, pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar telah mencanangkan langsung terkait kegiatan SmartTren di satuan pendidikan SMA, SMK dan SLB.

Secara simbolis kegiatan SmartTren tersebut telah dibuka langsung oleh Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya pada Jumat (8/3/2024) lalu, di Aula SMKN 1 Kota Cimahi.

Adapun tujuan kegiatan SmartTren ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang ilmu agama Islam bagi para guru dan siswa-siswi di bulan suci Ramadan 1445 Hijriah ini.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes