Kadisdik Jabar Hadiri ‘Job Fair’ 2023 di SMKN 4 Bandung

Kadisdik Jabar

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 4 (SMKN) Kota Bandung, menggelar ‘Job Fair’ 2023. Tak kurang 15 perusahaan turut membuka stan di acara tersebut. Job fair tersebut merupakan implementasi pengembangan SMK Pusat Keunggulan (PK) nonfisik.

Acara ‘Job Fair’ di SMKN 4 itu pun dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya, pada Rabu (4/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Wahyu Mijaya mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah upaya untuk menyalurkan siswa kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Terlebih, kata dia, perusahaan yang hadir linier dengan kompetensi keahlian yang ada di sekolah. Sehingga lulusan SMK bisa disalurkan dengan baik. “Semoga ini dapat meminimalisasi anggapan siswa SMK penyumbang pengangguran karena lulusan SMK bisa disalurkan dengan baik,” ujar Wahyu Mijaya.

Dijelaskan Kadisdik, bahwa saat pihaknya (Disdik) Jabar telah menjalin kerja sama dengan ratusan dunia usaha dan dunia industri. “Tujuannya, agar link and match antara sekolah dan pihak industri semakin terjalin dengan baik,” imbuhnya.

Selain itu,dengan penerapan kurikulum industri, para siswa jadi tahu teknologi terbarukan yang diterapkan di industri sekarang. “Mereka paham apa yang harus dilakukan di dunia kerja dan juga karakter bekerja,” tandasnya.

Wahyu Mijaya juga memberikan motivasi kepada seluruh siswa-siswi agar mampu merencanakan masa depan dengan sebaik mungkin, meskipun tidak bisa dipastikan soal masa depan seperti apa.

Jadilah arsitek untuk masa depan masing-masing. Kita tahu masa depan adalah misteri, maka dari itu adik-adik harus merencanakannya dengan lebih baik,” pesannya.

Karena, setiap orang, memiliki potensi dan kelebihan masing-masing. Oleh karena itu pula, siswa harus berani terhadap pilihan-pilihan yang sulit sekalipun, demi kemudahan di masa yang akan datang, tutur Wahyu Mijaya.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Bandung, Agus Setiawan, dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa kegiatan ini wujud implementasi dari Perpres nomor 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi.

Oleh karena itu, pihaknya pun sudah membenahi hal-hal untuk memajukan pendidikan di SMKN 4 Kota Bandung. Seperti sinkronisasi kurikulum, pemagangan, sertifikasi kompetensi guru, program guru tamu hingga optimalisasi teaching factory, jelasnya.

“Ini upaya kami untuk mewujudkan peningkatan kualitas lulusan yang sesuai, teruji, dan tersertifikasi,” ujar Agus Setiawan.

Ditambahkan Agus, selain job fair, dalam kegiatan tersebut diisi juga dengan Talkshow, workshop sukses kerja, pameran karya siswa, bazae kreatif dan kegiatan project penguatan profil ‘Pelajar Pancasila’.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes
KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes