Even MotoGP Hari Pertama Aman Terkendali

Motogp Mandalika

KIMCIPEDES.COM, MANDALIKA | Dalam persiapan menyambut ajang MotoGP Mandalika 2023, Polda NTB telah melaksanakan Operasi Mandalika 2 Rinjani 2023 sejak tanggal 10 hingga 16 Oktober 2023. Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Arman A. Syarifuddin, S.I.K., mengungkapkan jika operasi tersebut melibatkan 3.409 personil yang tersebar di 35 pos penyekatan dan 24 pos pengamanan.

Di sela pemantauan pengamanan hari pertama di lapangan, Jumat (13/10/2023) siang, Kombes Pol. Arman menjelaskan jika kegiatan MotoGP hari pertama adalah kelas Moto-2. Balapan kelas Moto-3 akan berlangsung tanggal 14 Oktober (besok), puncaknya adalah balapan MotoGP pada 15 Oktober.

Disebutkan, salah satu aspek penting dalam pengamanan even MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, yakni antisipasi terhadap asap dan drone.

"Kami memiliki tim khusus Anti Drone yang secara khusus didatangkan dari Korps Brimob Mabes Polri Kelapa Dua Depok, dimana tim ini bertanggungjawab untuk mencegah penggunaan drone liar yang dapat mengganggu jalannya balapan. Penggunaan drone dibatasi sesuai regulasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 tahun 2020. Drone tidak boleh diterbangkan di area balapan dan tempat dengan kerumunan orang, untuk menjaga keamanan pembalap dan penonton," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kombes Pol. Arman menyebutkan, selama persiapan MotoGP 2023 s.d hari pertama MotoGP Tim Anti Drone berhasil mengamankan 2 drone liar yang terbang di sekitar sirkuit Mandalika.

"Kami mengingatkan para pemilik drone untuk tidak menerbangkannya di area Sirkuit Mandalika, demi suksesnya acara MotoGP Mandalika tahun ini," pesannya.

Selain pengamanan, lanjutnya, Dinas Perhubungan juga telah menyiapkan 2 shuttle bus khusus untuk penonton yang akan datang ke sirkuit.

"Ini adalah upaya untuk menghindari kemacetan dan memastikan penonton dapat sampai ke lokasi dengan nyaman," ucap Kombes Pol. Arman.

Dengan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk tim Anti Drone dan Dinas Perhubungan, diharapkan MotoGP Mandalika 2023 berjalan lancar dan sukses.

"Kami akan terus memberikan update seputar acara ini. Tetap pantau berita ini untuk informasi terkini seputar MotoGP Mandalika 2023," pungkasnya.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

KIM Cipedes
KIM Cipedes
KIM Cipedes

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes
KIM Cipedes
KIM Cipedes