Kebakaran Lahan Perkebunan Bambu di Desa Sukawening, IPDA Wawan Pimpin Anggota Cek Lokasi

Polresta bandung



KIMCIPEDES.COM, KAB. BANDUNG | Sebuah lahan yang dipenuhi pohon bambu di Desa Sukawening Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung milik salah seorang warga hangus di lahap Sijago Merah.

Langkah pertama saat Polisi mendatangi TKP adalah memastikan bahwa tak ada korban jiwa dalam kebakaran lahan perkebunan bambu di Desa Sukawening tersebut. Namun, masyarakat diimbau tak membakar lahan sembarangan di musim kemarau, karena api bisa saja merembet karena faktor cuaca.

Kanit Reskrim Polsek Ciwidey IPDA Wawan Sopyan, S.Sos, menyampaikan bahwa adanya informasi terjadi kebakaran Pohon Bambu di Kp. Salawi Rt 003/009 Desa Sukawening Kec. Ciwidey Kab. Bandung, anggota Unit Reskrim Brigadir Dani KH dan Unit Binmas Bripka Reza Fasya langsung mendatangi lokasi. Anggota yang datang kemudian bersama dengan masyarakat memadamkan api.

Peristiwa kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh warga yang bernama Sdr YADI ketika sedang melintas di jalan dekat dengan lahan perkebunan bambu, kemudian terlihat ada api yang membakar lahan perkebunan. Kemudian api mulai menjalar dengan cepat ke lahan perkebunan bambu yang kering sehingga menyebabkan banyak pohon bambu dengan luas kurang lebih sekitar 1 hektar terbakar.

Kemudian pihak warga setempat beserta TNI POLRI yang di bantu dengan 3 unit kendaran Pemadam Kebakaran Kab. Bandung dan 1 unit kendaran jenis tengki air dari BPBD, berusaha untuk memadamkan api, dan sekitar jam 22.00 wib. Api mulai sudah bisa di padamkan, situasi lahan mulai normal, dan beberapa warga setempat masih berada di lokasi lahan kebakaran untuk menjaga serta menyisir lahan perkebunan bambu, di takutkan ada api kecil yang masih belum padam dan di khawatirkan terjadi kebakaran susulan, dengan adanya kejadian kebakaran lahan bambu tersebut.

Sdr H. DAHEP selaku pemilik lahan bambu mengalami kerugian materi, sebesar kurang lebih Rp 30.000.000 ( tiga puluh juta rupiah ),.

Kapolresta Bandung Polda Jabar Kombes Pol Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H melalui Kapolsek Ciwidey AKP Dana Suhenda, S.H mengatakan kebakaran lahan bambu itu terjadi karena pembakaran sampah sembarangan oleh warga sekitar yang telah melakukan kebersihan kemudian membakar sampah tersebut. Akan tetapi angin yang cukup besar membuat api merembet ke lahan bambu.

“Kami menghimbau agar warga berhati hati dalam membakar sampah di musim kemarau ini, karena telah banyak kejadian kebakaran di wilayah Ciwidey - Rancabali.” Ujar AKP Dana.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes