Atasi Masalah Sampah, SD Ar Rafi Hadirkan Kang Pisman, Bank Sampah, Loseda, Hingga Sedekah ke Bebek

SD Arafi


KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Permasalahan sampah di Kota Bandung memang harus diselesaikan oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk juga dunia pendidikan. Hal ini juga yang membuat SD Ar Rafi di Jalan Sekejati Sukapura, Kiaracondong berusaha mengolah sampah di lingkungan sekolahnya.

SD Ar Rafi mendorong para siswanya untuk meminimalisir produksi sampah. Di antaranya dengan membawa bekal dari rumah dan menggunakan wadah sendiri untuk jajan di kantin sekolah.

Para siswa juga dibiasakan untuk memilah sampah di sekolah sesuai kategori yang sudah ditentukan yaitu sampah organik, non organik, dan residu.

Sehingga tak heran jika SD Ar Rafi merupakan sekolah yang telah meraih status Adiwiyata. Yaitu Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah.

Koordinator Adiwiyata SD Ar Rafi, Diny Hidayanti mengatakan, sekolahnya telah menerapkan program pemilahan sampah ini sejak lama.

“Kami di kelas sudah ada sampah daur ulang setiap pekan akan diambil dan ditimbang dan dimasukan ke bank sampah. Untuk bank sampah sudah mulai dari 2016 dan sudah ada sampah terpilahnya,” jelasnya.

Untuk pengelolaan sampah organik, sejak Februari 2022 lalu sekolah menerapkan sisa sampah dimasukkan ke loseda (pipa berdiameter 120 cm yang digunakan untuk membuang sampah sisa dapur ke tanah).

“Sampah organik sisa makanan dimasukan ke dalam loseda. Tapi tahun pelajaran ini sisa makanan kami berikan ke petani bebek,” ucapnya.

Sedangkan untuk program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan) sudah dilakukan mulai 2018.

Diny juga menambahkan selalu ada sosialiasi pemilahan sampah setiap tahun ajaran baru.

Pada pelajaran PLH juga sudah ada juga pemilahan sampah. Dan praktiknya membuat ecobrik dan membuat prakarya dari daur ulang. Contoh kertas dan tutup botol dibuat tempat pensil dan wadah serbaguna,” ungkapnya.

Semua itu telah memberikan dampak positif. Lingkungan sekolah terlihat lebih rapi dan bersih. Selain itu, sekolah juga ditanami pepohonan rindang yang membuatnya terlihat asri.(kia.job)**
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes
KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes