Sat Narkoba Polresta Bandung Bentuk Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Wilayah Desa Cingcin

Polresta bandung

KIMCIPEDES.COM, KAB. BANDUNG | Tidak adanya peredaran gelap Narkotika, Sat Narkoba Polresta Bandung Polda Jabar membentuk satu Desa Percontohan, yakni membuat Kampung Tangguh Bebas Narkoba.

Kampung Bebas Narkoba tersebut berada di Kampung Cipeer RW.04, Desa Cingcin, Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kasat Narkoba Polresta Bandung Kompol Agus Susanto mengatakan dari data dalam dua tahun terakhir di desa ini tidak dapati peredaran gelap narkoba.

"Baik itu narkotika sendiri obat-obatan maupun miras. Ini salah satu faktor yang jadi pendukung bahwa desa ini layak menjadi kampung percontohan bebas narkoba," katanya. Rabu, 16 Agustus 2023.

"Salah satu indikatornya adalah peran aktif Pemdes setempat, khususnya dari pak kades yang berperan memonitor langsung wilayahnya terhadap peredaran gelap narkotika," sambungnya.

Kemudian, kampung tangguh sendiri selain di jadikan kategori dua, salah satu kegiatan yang dilaksanakan dominan ditahap pencegahan.

Pencegahan disini adalah bagaimana caranya di kampung ini agar tetap menjadi desa percontohan yang bebas narkoba.

"Salah satu yang kita laksanakan tadi dan kami lakukan terus menerus adalah sosialisasi," ujarnya.

"Sasaran sosialisasi kita tiap minggu satu kali, kita laksanakan dengan sasaran yang beragam komunitas, pertama itu aparat desanya sendiri. Sehingga mereka harus tau jenis narkotika dan bahayanya," tuturnya.

Ada yang menarik di Kampung Bebas Narkoba ini, yakni pihak desa dan Sat Narkoba Polresta Bandung memasang himbauan-himbauan melalui spanduk dan poster.

"Kita pun sudah sebar sekian banyak spanduk, poster-poster imbauan untuk memudahkan masyarakat agar bisa membaca dan melihat bahaya dari narkotika," jelasnya.

Nanti kita lihat di sana di setiap sudut jalan, dalam gang-gang kita tempel semua, sehingga saat pelaku masuk ke sana dengan niat mengedarkan narkotika, mereka bisa melihat bahwa kampung ini warganya punya semangat untuk memerangi narkotika," ujar Agus.

Tak hanya itu, pemerintah desa dan Sat Narkoba Polresta Bandung juga berkolaborasi untuk memberdayakan para mantan pecandu narkoba.

"Ada 10 mantan pecandu narkoba yang kita berdayakan, yaitu dengan memberikan pekerjaan atau keterampilan. Seperti menjahit dan ada juga yang menjadi sebagi petugas keamanan," tutupnya.

#KampungBebasNarkoba
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes
KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes