Polda Jabar Akan Memberlakukan Tilang Manual, Ini Alasannya

Dirlantas Polda Jabar



KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Polda Jawa Barat akan memberlakukan penindakan tilang manual kepada pelanggar lalu lintas.

Pemberlakukan tilang manual reencananya akan diterapkan pada Juni 2023 serentak di seluruh Indonesia.

Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar Kombes Pol Wibowo mengatakan, pihaknya sudah mempertimbangkan untuk Pemberlakuan tilang manual. Pemberlakukan tilang manual ini dalam rangka mengurangi pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh para pengendara," ungkap Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo didampingi Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, di Gedung Ditlantas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat, 19/5/2023.

Menurut Wibowo, Jabar memiliki jalan sepanjang 28.600-an kilometer dengan jumlah kamera ETLE yang terpasang di 21 titik di Kota Bandung, rupanya tidak menjangkau ke seluruh bagian dan pelanggar lalu lintas. “Kami hanya memiliki 21 titik kamera ETLE, 1.872 handphone yang biasa digunakan mobile untuk menindak pelanggar lalu lintas menggunakan ETLE, dan 1 unit portable ETLE yang bisa kami pindah-pindah dan belum meng-cover seluruh wilayah hukum Polda Jabar,” ujarnya. 

Lebih lanjut, penindakan tilang manual ini untuk menindak langsung pelanggar lalin yang tidak terdeteksi oleh kamera ETLE.

“Banyak jalan atau daerah yang belum ter-cover kamera ETLE, pelanggaran lalu lintas seperti anak di bawah umur, mengendarai di bawah pengaruh alkohol, pelanggar tidak bawa SIM atau STNK,” jelasnya. 

Wibowo menegaskan penerapan kembali tilang manual tidak akan menghapus tilang elektronik atau ETLE yang sudah dilakukan. Polisi bahkan akan mengoptimalkan ETLE di beberapa titik di Jawa Barat. “ETLE tidak dihapuskan, dan tetap mengoptimalkan ETLE,” ucapnya. 

Wibowo menambahkan, pemberlakukan tilang manual dilakukan agar masyarakat tetap patuh terhadap peraturan lalu lintas, Hal itu bertujua untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, “Yang kami lakukan adalah untuk kepentingan masyarakat sendiri. Jalan itu bukan untuk sendiri tapi ada pengguna jalan, jadi harus kami jaga keselamatannya,” ujar Wibowo.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes