Logo Peringatan ke-77 Bandung Lautan Api Resmi dirilis, Ini Dia Maknanya

logo 77 Tahun Bandung Lautan Api



KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi meluncurkan logo peringatan ke-77 Bandung Lautan Api Tahun 2023.

Tahun ini, peringatan Bandung Lautan Api mengusung tema "Membangun Semangat Kebersamaan dalam Merekatkan Persatuan dan Kesatuan".

Logo memiliki beberapa unsur. Pertama, bentuk api dan dua tiang, merepresentasikan monumen Bandung Lautan Api.

Kedua, dua angka tujung yang direkatkan menjadi satu kesatuan merepresentasikan angka 77 Tahun. Ketiga, tiga bambu runcing dan seorang pahlawan, merepresentasikan semangat para pejuang dalam peristiwa Bandung Lautan Api.

Terakhir, warna kuning kemerahan diatas warna biru, merepresentasikan api yang membakar diatas Bandung.

Acara puncak peringatan Hari Bandung Lautan Api kali ini rencananya digelar di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat, 24 Maret 2023 mendatang.

Sebagai informasi, Bandung Lautan Api merupakan peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, Jawa Barat, pada 23 Maret 1946 silam.

77 Tahun Bandung Lautan Api

Sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka, dalam waktu tujuh jam, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung.

Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara sekutu dan tentara NICA Belanda menggunakan Kota Bandung sebagai markas strategis militer, dalam perang kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Bandung Lautan Api (BLA) mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme pemuda Indonesia.

Pemuda juga berhasil menyatukan visi kebangsaan, melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yang utuh yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu Bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Bandung Lautan Api tahun ini diharapkan dapat menginspirasi gagasan kreativitas pemuda, melalui karya nyata dalam menjawab amanah dan tantangan zaman di era globalisasi.

Sumber: Diskominfo Kota Bandung
Penulis : M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes