Drs. Inci Dermaga Mustawan, A. M.A., M.AP., Jadi Inspektur Upacara Sumpah Pemuda di Kecamatan Sukajadi

sumpah pemuda

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Jumat 28 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke 94 th, diperingati dengan pelaksanaan Upacara yang diselenggarakan Kecamatan Sukajadi dan dihadiri Forkopimcam Sukajadi sebagai pemersatu bagi seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Bertempat di SMA PGRI 1 Jl. Sukagalih No 80 RW. 05 Kelurahan Sukagalih mulai pukul setengah delapan pagi. Dengan mengambil tema " Bersama Membangun Bangsa" berlangsung khidmat.

Susunan penyelenggara dan pelaksana upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 bertindak sebagai inspektur upacara Drs. Inci Dermaga Mustawan A., M A., M. AP., Perwira Upacara Serma Ade Hasan Babinsa Kel. Sukabungah, Komandan Upacara Aiptu Yoan Rudi. SH., Bhabinkamtibmas Kel. Sukagalih, Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih, 1. Rizella Nurlaella Siddiq kelas 12 MIPA 1., 2. Nazwa Kamila Mardiyati kelas 12 MIPA 1., dan Kandita Ratna Intan 11 IPS 1 siswa asuhan Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Muslim Triaji S. M.Pd., Pembaca Pembukaan UUD 45 Erlangga Galih Rakasiwi dari KNPI dan Kenzo Rizky Julian dari Karta Unit 09 Kel Cipedes sebagai pembaca teks Sumpah Pemuda, dan Paduan Suara dari Siswa/i SMA PGRI 1.

sumpah pemuda

Juga sebagai peserta Upacara hadir seluruh Lurah dan ASN se-Kecamatan Sukajadi , LKK yang meliputi LPM, PKK dan Karang Taruna se-Kecamatan Sukajadi, perwakilan dari MUI, UPT Sukajadi dari organisasi Kepemudaan dibawah naungan KNPI Sukajadi, ForumRW dll.

Sebagai Inspektur Upacara Camat Sukajadi Drs. Inci Dermaga Mustawan A, MA., M. AP., menyampaikan pidatonya " Teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial suku agama ras, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan sejarah, telah menjelaskan bahwa pilihan Pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori pembangunan misi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Peran pemuda telah tercatat sebagai sepanjang masa. Saudara-saudara sekalian peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada, ke bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah " Bersatu Bangun Bangsa ". Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikeluarkan untuk membangun ketangguhan dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengetahuan, tahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. 

sumpah pemuda

Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia merdeka berdaulat bersatu adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah. Pemuda-pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat Pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segalanya memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia. Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketahanan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia emas 2045 tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa. Saudara-saudara sekalian pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai raga kalian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia. Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras. Jika kita melihat kondisi Pemuda Indonesia pada saat ini maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan Kita patut bersyukur melihat Pemuda Indonesia telah menunjukkan banyaknya capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan baik pada level nasional maupun pada level internasional. 


Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang. Namun kita juga khawatir bahwa Pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan Pemuda menjadi kreatif inovatif kolaboratif dan mandiri serta berkarakter. Melihat perlu dikembangkan agar pemuda dan menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi asli oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini bermula dari titik nol ibukota Nusantara. Kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak mendorong Pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa kerja, kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan karena upaya pembangunan Pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri ".

sumpah pemuda

Upacara pun pun berakhir dengan ramah tamah berjabat tangan dan foto bersama. Dan disela sela selesai kegiatan Ketua Forum RW Kel Sukagalih H. Yayat dan Agis Herdinal ketua KNPI Sukajadi membincangkan penguatan pemberdayaan Pemuda agar selalu ikut andil dan bagian dalam.pembangunan di wilayah Kec Sukajadi.
** Tatang Tabi'i

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes