Wadir Binmas Polda Jabar Pimpin Penilaian Kampung Tangguh di Desa Cikancung

Polresta Bandung

KIMCIPEDES.COM, KAB. BANDUNG | Direktorat pembinaan masyarakat (Binmas) Polda Jabar melaksanakan penilaian lomba Kampung Tangguh di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Penilaian kali ini dilaksanakan di Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Desa Cikancung, Kecamatan Cikancung.

Penilaian dipimpin langsung oleh Wadir Binmas Polda Jabar AKBP Muh. Rois dan didampingi Kasat Binmas Polresta Bandung Kompol Ety Mulyati, Kapolsek Cikancung AKP Carsono, Camat Cikancung serta para Kepala Desa.

Sesuai meninjau, Wadir Binmas Polda Jabar AKBP Muh. Rois mengatakan hadirnya tim ini untuk melakukan penilaian Kampung Tangguh Nasional (KTN).

"Kita punya program Lembur Tohaga, saat ini saya mendatangi lokasi di Desa Cikancung, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung," katanya. Rabu, 31 Agustus 2022.

Rois menambahkan melihat Desa Cikancung ini menjadi sebuah desa yang tangguh dalam rangka untuk manangani berbagai hal.

"Khususnya dua tahun yang lalu kita menghadapi bencana covid-19 dan alhamdulilah setelah kita melaksanakan verivikasi, Desa Cikancung cukup laiak. Karena sudah bisa memenuhi syarat dari lima tangguh yang kita ajukan," ujarnya.

Lanjut Rois, ada lima penilaian dalam menentukan desa tersebut laiak disebut kampung tanggung atau tidak. Diantaranya tangguh kesehatan.

"Disini indikatornya sampai dua tiga tahun itu hanya satu yang terdampak. Yang kedua tangguh keamanan, disini tidak ada kejahatan atau gangguan kamtibmas," tutur Rois.

Dengan tanggung keamanan ini, menurut Rois, kedepan perlu dibentuk satu satkamling yakni dalam rangka untuk pemeliharaan harkamtibmas.

"Ketiga tangguh pangan, sudah saya lihat produk-produk UMKM dari masyarakat disini juga sudah memperlihatkan semuanya dan ini menandakan bahwa Desa Cikancung dan masyarakat yang ada didalam itu paling tidak bisa menunjukkan," jelasnya.

Keempat ada tangguh wisata. Rois menjelaskan disini juga ada tempat wisata.

"Dan kelima tangguh informasi, informatika. Sudah saya lihat kegiatan-kegiatan disini sudah bisa di upload di youtube dan ada juga sistem-sistem informasi yang dikembangkan," tambahnya.
Perlu diketahui, program kampung tangguh atau lembur tohaga selalu digelar setiap tahunnya. Dimana, program ini bertujuan untuk menunjukkan salah satu wilayah yang tangguh khususnya selama pandemi Covid-19.

"Untuk penilaian kampung tangguh atau lembur tohaga ini masing-masing kabupaten ini satu, diwakili desa yang menurut penilaian pada tingkat Kabupaten," ujar Rois.

"Nah nanti kami akan melakukan penilaian untuk tingkat Jawa Barat, untuk tingkat Polda Jabar kurang lebih ada sekitar 23 titik atau desa-desa yang dijadikan kampung tangguh," tutup Rois.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes