Sektor 22 Citarum Harum Sub 09 Melakukan Kolaborasi Dalam Pengerukan dan Penataan Sungai Cinambo

Sektor 22 Citarum Harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Pengendalian kerusakan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 dipimpin Peltu Ihwan Maryudin, hari ini melakukan kolaborasi dalam pengerukan dan penataan Sungai Cinambo wilayah Rw. 4 Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage Kota Bandung.

Penataan Sungai Cinambo dari kondisi rusak akibat pengendapan sedimentasi menahun mengakibatkan penyempitan sungai, berdampak buruk dengan terjadinya banjir langganan di wilayah tersebut sehingga selain merusak tata kelola sungai juga merusak perekonomian warganya.

"Wilayah sungai di wilayah ini sudah waktunya untuk dilakukan pengerukan, jika tidak maka bencana banjir langganan akan terus terjadi. Dan ini berdampak buruk pada kemajuan perekonomian masyarakat terlebih kerusakan sungai tidak akan terselesaikan," kata Ihwan kepada awak media di lokasi pengerukan, Minggu 28 Agustus 2022.

Adanya Satgas Citarum Harum Sektor 22 di wilayah kerjanya merupakan eksekutor dari pencemaran sungai dan pengembalian keutuhan daerah aliran sungai yang sudah diatur oleh Peraturan Presiden No 15 Tahun 2018.

Secara langsung Satgas Citarum Harum Sektor 22 berfungsi membantu pembangunan infra struktur kewilayahan dengan progres Citarum Harum yang sangat menguntungkan pemerintah daerah.

Pantauan media dengan terjadinya penyempitan sungai, merupakan sebuah keadaan yang pasif dari pihak tertentu yang berkewajiban mengelola urusan sungai, sehingga dpak buruk terjadi yaitu adanya pencemaran sungai, kerusakan daerah aliran sungai yang berakibat pada bencana terhadap lingkungannya.

"Alhamdulillah kita dari Satgas Sektor 22 bisa mengajak pihak terkait yang berkewajiban menyelesaikan kerusakan sungai, sampai hari ini kita berkolaborasi dengan mereka bisa berjalan lancar," imbuh Ihwan.

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 pada normalisasi Sungai Cinambo ini berkontribusi sangat besar, yaitu bertanggung jawab dalam penyelenggaraan normalisasi bahkan lebih ke konservasi Sungai Cinambo.

Yaitu menggunakan 2 (dua) unit alat berat jenis excavator untuk melakukan penataan area, menumpuk disposal dan pengerukan sungai, "Hari ini kita bisa mengerjakan pengerukan sungai sepanjang 15 M dan lebar 2 M sedangkan kedalamannya setinggi 1M," tutup Ihwan.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes