Aksi Sektor 22 Citarum Harum Sub 11 Pada Pembersihan Dinding Sungai Cihampelas

Sektor 22 Citarum Harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Aksi perawatan Sungai Cihampelas, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 melakukan pembersihan dinding sungai Cihampelas dari sampah domestik, rumput liar yang mengotori di wilayah Rw 05 Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan Kota Bandung.

Serma Abdulloh Fawzi selaku Dansub 11 di sektor 22 mengatakan, pembersihan di Sungai Cihampelas lebih ke pembersihan rumput liar yang subur menumbuhi dinding kirmir.

"Rata-rata disetiap sungai yang kami tahu yaitu suburnya rumput liar yang merusak daerah aliran sungai, ini jika kita biarkan akan merusak tatanan daerah aliran sungai," singkat Abdulloh.

Jahatnya rumput liar bagi daerah aliran sungai sangat berpengaruh kepada keutuhan kirmir, kekuatan konstruksi akan mudah rapuh karena ditumbuhi rumput liar disebab akar yang meraksuk ke pori-pori kirmir.

"Pori-pori kirmir akan membesar akibat akar dan dmasuki air sehingga kerapuhan mudah terjadi," imbuh Abdulloh.

Kerusakan daerah aliran sungai merupakan tolak ukur dari kurangnya perawatan, yang selama ini mengandalkan ego sektoral yang tinggi.

Untuk itu masifnya perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 merupakan sikap toleransi yang dibangun bertujuan sebagai edukasi moral baik kepada masyarakat maupun kepada pemerintah daerah dalam pemerhati kebersihan dan keutuhan kondisi sungai.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes
KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes