Sektor 22 Citarum Harum Sub 13 Melakukan Perawatan Anak Sungai Citeupus di Wilayah Kelurahan Mekarwangi

Polres Cirebon Kota

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Perawatan Anak Sungai Citepus di wilayah RW.09 Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 13 melakukan pembenahan mengembalikan struktur sungai yang sebenarnya.

Dipimpin Dansub 13/22, Serka Masroh S, dalam pembenahan ini satgas menata kondisi anak sungai dalam pembersihan rumput liar dan meratakan sedimentasi sehingga sungai kembali ke kondisi aslinya.

Anak Sungai Citepus ini keadaan tidak menentu, sebagian tertutup oleh sedimentasi yang ditumbuhi rumput liar (gulma) sehingga kondisi sungai tidak terlihat.

"Tentunya seperti menggali tanah membuat sungai, soalnya sebagian saluran sudah tertutup padat oleh sedimentasi yang ditumbuhi rumput liar, saya yakin jika hujan disini mudah terjadi banjir," ucap Masroh, Sabtu (28/05/2022).

Sebagain besar kondisi sungai di pelosok wilayah Kota Bandung bayanyak yang tidak terperhatikan oleh aparat di bidangnya, ini terjadi karena kurangnya pengawasan dari dinas terkait, walaupun upaya mitigasi pencegahan banjir selalu dienduskan.

Komunikasi antar UPT di wilayah ke UPT Pemerintah Daerah harus terjalin masif, sehingga kelumit di lapangan bisa berjalan aktif untuk menyelamatkan kondisi sungai yang benar.

Namun hal diatas bisa terselesaikan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, yang memiliki tekad percepatan pencegahan pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai.

Hal itu dilakukan rutin setiap hari, bergeser dari satu tempat ke tempat lainnya dalam perawatan sungai meski bertahap namun pasti.

"Kita selalu menggiring masyarakat di kewilayahan, baik melalui pasukan Gober antar kelurahan maupun warga setempat, Alhmdulillah sampai saat ini aksi kita di lapangan selalu lancar dan kondusif," ujar Masroh.

Untuk menguatkan keyakinan warga, Satgas Sektor 22 Sub 13 membagi tugas kepada anggotanya, pasca aksi perawatan sungai dengan rutin pula melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat berikut patroli sungai, sehingga kondusifitas di lapangan tetap terjaga dengan baik.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes