Kemenhub Siapkan Pelabuhan Tambahan Untuk Urai Kemacetan di Merak

Dermaga Pelabuhan Merak

KIMCIPEDES.COM, CILEGON | Kementerian Perhubungan merencanakan pengoperasian dermaga tambahan di pelabuhan milik Pelindo yang berada di Ciwandan, Banten, saat arus mudik Lebaran 2022 ini. Hal itu dilakukan untuk mengurai kemacetan di Pelabuhan Merak.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung pelabuhan di Ciwandan pada, Sabtu (30/4/2022),

"Kami akan siapkan 9 kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini," kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu, (30/4/2022).

Selain Ciwandan, ada dermaga tambahan lainnya yang juga sudah dioperasikan sebagai tambahan yang terletak di Pelabuhan Indah Kiat.

"Di pelabuhan tersebut telah disiapkan 2 kapal yaitu kapal KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I," tambah Budi.

Budi menilai, animo masyarakat dalam momen mudik 2022 sangat tinggi. Sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di arteri dan jalan tol menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Tunda Seberang Merak Malam Ini

Budi pun setuju dengan usulan Kapolres Cilegon, untuk mengimbau masyarakat menunda perjalanan menyeberang ke Merak malam ini. Hal itu dilakukan untuk menghindari kepadatan di pelabuhan.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat di Pelabuhan Merak. Kami terus berupaya ini bisa diatasi kurang dari 12 jam," tutur Budi.

Sebagai informasi, berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry, jumlah lonjakan penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Merak pada tahun ini lebih tinggi sekitar 40 persen dibandingkan dengan mudik tahun 2019 sebelum pandemi.

Tercatat, kemarin (Jumat,29 April 202), sebanyak 32 ribu kendaraan dalam sehari berangkat melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak. Jumlah ini lebih besar ketimbang puncak mudik tahun 2019 yang mencapai sekitar 20 ribu kendaraan.
** Agus S

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes