Pelatihan 2 hari : “Desain Perancangan Operasi Intelijen dan Kontra Intelijen” ~ KIM Cipedes
iklan banner
iklan banner

Pelatihan 2 hari : “Desain Perancangan Operasi Intelijen dan Kontra Intelijen”

Desain Perancangan Operasi Intelijen dan Kontra Intelijen

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | “ Keamanan suatu negara tidak terletak dari kondisi internal negaranya saja, tetapi juga akan dipengaruhi oleh berbagai variabel lingkungan strategisnya di tingkat regional dan internasional. Satu sama lain saling mempengaruhi, baik langsung atau tidak langsung karena setiap negara pada hakikatnya memiliki kepentingan nasional masing – masing. Terkadang kepentingannya tersebut boleh jadi akan menjadi potensi ancaman bagi negara lainnya. Guna memastikan jaminan keamanan kepentingan nasional tersebut, maka setiap negara memiliki pengemban fungsi intelijen yang harus melaksanakan tugasnya dalam operasi intelijen ataupun kontra intelijen. Baik yang berfungsi untuk mengatasi ancaman-ancaman yang timbul dari dalam negeri (misalnya terorisme dan spionase), ataupun kegiatan pengumpulan informasi yang dilakukan oleh negara asing yang berpotensi mengancam keamanan nasional “, ungkap Pemerhati Intelijen Dede Farhan Aulawi di Bandung, Kamis, 23/9/2021.

Lebih lanjut dia juga mengatakan bahwa Kontra Intelijen merupakan serangkaian kegiatan yang terarah dan terencana untuk menemukan, mengusut, menumpas, mengungkap, meniadakan dan menetralisir setiap perbuatan, kegiatan dan tindakan yang dilakukan oleh pihak lawan. Baik berupa spionase, sabotase, teror, subversi dan penggalangan, maupun dari pihak sendiri yang dapat mengancam perikehidupan masyarakat dan pelaksanaan pembangunan nasional. Bentuk operasi kontra intelijen bisa berupa operasi kontra spionase, operasi kontra sabotase, terorisme dan perang uraf syaraf/propaganda. Taktiknya meliputi operasi garis dalam dan operasi garis luar. Namun demikian upaya negara untuk menyiapkan tenaga – tenaga profesional bidang intelijen tentu bukanlah hal yang mudah, karena di samping memerlukan waktu pendidikan dan pembinaan yang cukup lama. Di samping itu tentu membutuhkan biaya yang pasti tidak sedikit. Ujarnya.

Merujuk pada fakta dan realitas di atas, maka Pusdiklat Prawita GENPPARI terpanggil untuk membantu bangsa dan negara dalam menyiapkan warga negara yang cakap dan terampil di bidang intelijen. Salah satu subjek penting tersebut, kami kemas dalam paket pelatihan 2 hari dengan judul , “Desain Perancangan Operasi Intelijen dan Kontra Intelijen”. Semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Oleh karenanya dalam pelatihan tersebut seluruh peserta akan diberikan pemahaman hal – hal yang terkait dengan Operasi Intelijen vs Kontra Intelijen, Bentuk,prinsip dan sifat operasi kontra intelijen, teknik dan taktik kontra intelijen, Strategi Operasi intelijen tertutup (klandestin), Principal Agent dan Action Agent, Teknik dan Taktik Penyelidikan, Penyamaran, Pengelabuan dan Penyesatan (Desepsi), Pengamanan, Penggalangan dan Propaganda, Operasi Kontra Spionase dan Kontra Sabotase, serta Prinsip dan Sifat Operasi Kontra Intelijen.

Adapun tujuan dari kegiatan penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan untuk membantu negara dalam menyiapkan SDM yang handal di bidang intelijen (Humint) dengan kemampuan dalam menganalisis informasi yang relevan dengan keamanan nasional. Mampu memberikan peringatan dini atas “situasi kritis” yang mengancam keamanan nasional. Mampu memberikan sumbang saran dalam perencanaan pertahanan dan keamanan, serta teguh dalam melindungi informasi rahasia yang berpotensi menggangu keamanan dan kepentingan nasional.

Sementara terkait dengan subjek yang akan dibahas dalam pelatihan ini meliputi :
  • The Current and Future Security Environment
  • The Best Defense is a Good Offense
  • The Foreign Intelligence Threat Landscape
  • Protect the Nation’s Critical Infrastructure
  • Counterintelligence as a Tool of National Defense & Security
  • General and Special Operations
  • The New Threat Environment : Foreign Intelligence Operations
  • Defensive and Offencive Operation Strategy
  • Fragmentation and New Architecture for Counterintelligence
  • The Intelligence Community and Strategic Counterintelligence
  • Intelligence Analitycal Thinking
Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait dengan pelatihan ini, bisa menghubungi :

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Kedongdong Memilih

iklan banner

Dr. Uung Tanuwidjaja, SE., MM.

iklan banner

Hari Jadi Ke-211 Kota Bandung

iklan banner

Trending Minggu Ini

BERITA HARI INI