Aksi Sektor 22 Citarum Harum Sub 14 Dalam Mengatasi Rumput Liar Yang Tumbuh Subur di Kirmir Sungai Cikapundung

Sektor 22 citarum harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Dipimpin Pelda Ujang Supriatna Satgas Sub 14 Sektor 22 Citarum Harum, membersihkan Sungai Cikapundung wilayah Kelurahan Batununggal Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung, Sabtu, 31/07/2021.

Pada pembersihan di titik ini Pelda Ujang Supriatna mengarahkan kepada anggotanya untuk membersihkan kirmir yang subur ditumbuhi rumput liar.

Pelda Ujang mengatakan bahwa rumput liar ini sebagai pengganggu (gulma) yang bisa menggerogoti tembok kirmir sehingga kirmir bisa jadi rapuh.

"Gulma ini bisa juga disebut tumbuhan yang jahat, karena akarnya bisa meresap ke dalam tembok kirmir, alhasil temboknya jadi rapuh dan kirmir mudah rapih," kata Ujang.

Pada giat ini satgas bersama gober dan baraya sektor 22 sub 14 bisa membersihkan sungai sejauh 50 M dengan sampah yang terangkat sebanyak 80 kg.

Pelda Ujang menabahkan, tumbuhnya gulma di daerah aliran sungai dengan subur kalo dibiarkan bukan hanya merusak kirmir dan tembok lainya bahkan bisa merusak pemandangan sungai.

Menurut pantauan media hal ini kurangnya pemeliharaan dari dinas terkait, untuk selama ini mungkin sudah mengandalkan kepada satgas Citarum Harum yang notabene setiap harinya bergerak membersihkan sungai.

"Kami memang setiap hari melakukan pembersihan sungai, namun harus jelas kita justru perlu bergerak bersama sama biar program Citarum Harum bisa lebih cepat tuntas yaitu menghasilkan sungai yang bersih dan sehat juga indah," ujar Pelda Ujang Supriatna.

Pasca pembersihan, satgas melakikan tugas lain yang sudah diprogramkan oleh Komandan Sektor 22, yaitu melaksanakan Patroli Sungai dan Komunikasi Sosial yaitu sosialisasi door to door kepada masyarakat supaya tidak membuang sampahnya ke sungai dan menajalankan Pola Hidup Sehat dan Bersih.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes