Sektor 22 Citarum Harum Sub 13 Bersama Gober Kelurahan Cibaduyut Melakukan Pembersihan Aliran Sungai Citepus

Sektor 22 Citarum Harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 13 gencar melakukan pembersihan sungai dan saluran air. Seperti yang terlihat pada Rabu, 30/6/2021 tadi, Satgas Citarum Harum melakukan pembersihan dialiran sungai Citepus bersama Baraya dan Gober kelurahan di RW 08 Kelurahan Cibaduyut Kecamatan Bojongoa Kidul Kota Bandung.

Menurut Dansub 13 Sertu Dwi Bakti Langkah ini, untuk antisipasi meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sedimentasi, sampah atau benda lainnya di sungai.

"Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai yang sebenarnya. Hal ini dilaksanakan secara rutin. Sehingga saat debit air meningkat, maka tidak sampai meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu". Ujar Dwi

Lebih lanjut Dwi menambahkan, bahwa secara umum kondisi sungai dan saluran air sudah baik. Namun demikian, tingginya intensitas hujan yang terjadi dan bertambahnya volume air dengan cepat membuat terjadi genangan di beberapa titik, namun paska hujan reda akan segera kembali normal.

"Kita ketahui, selain sedimentasi, sampah dan rumput liar dapat juga mempengaruhi perjalanan air menuju ke hilir". Paparnya.

Dwi juga mengimbau, kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dan saluran air lainya. Hal ini mengingat, jika memasuki musim hujan tumpukan sampah dapat mengakibatkan air sungai tersumbat dan mengakibatkan banjir.

"Selain menyebabkan air meluap akibat berkurangnya daya tampung sungai, sampah juga akan bergerak menuju ke hiir. Jadi, masyarakat dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai atau saluran air". Pungkasnya.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes