Satgas Citarum Harum Sub Sektor 05-22 Bersihkan Anak Kali Ciateul

KIM CIPEDES, BANDUNG, - Gerakan pasukan Siliwangi yang tergabung di Satgas Citarum Harum Sub Sektor 05-22 melaksanakan pembersihan anak Kali Ciateul di RW 09 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung, Rabu, 28/08/2019.

Dansub Sektor 05-22 Citarum Harum, Peltu Seno mengatakan wartawan tim 8, "Kami dan tim baraya sektor 22 tiap hari melakukan operasi sungai dengan pembersihannya mempunyai target 1 km jarak sungai yang dibersihkan, baik sampah domestik maupun sedimentasinya, " kata Seno.

Dalam pelaksanaan pembersihan sungai, Peltu Seno mengatakan suka ada kendala, yaitu keberadaan sungai yang sempit bahkan bantarannya sampai tertutup oleh dinding rumah, sehingga sungai hanya dibatasi dari tembok ke tembok rumah lainnya, maka untuk mengangkut sampah maupun sedimen tidak melalui darat.

"Sayangnya gerak kami tidak leluasa karena sungai tidak memiliki bantaran, hanya dibatasi dari tembok rumah ke tembok rumah lagi, sedangkan kotoran sungai sangat banyak, " jelasnya. 

Kota Bandung sebagian diduduki oleh masyarakat yang padat contohnya di Kelurahan Maleer RW.09, sehingga tidak memiliki pelataran yang layak, utamanya penduduk banyak yang miskin kesadaran, sehingga tanah pemerintah dipakai semaunya tanpa menghiraukan peraturan pemerintah.

Apalagi mereka yang hidup di bantaran sungai tidak memiliki jamban sehat, sehingga membuang tinjanya langsung ke sungai via paralon tidak menghiraukan kesehatan lingkungan, ini salahsatu dampak tingakat Open Decefication Free (ODF) diwilayah tersebut sangat tinggi.

"Kami ingin sekali menyelamatkan mereka dari jamban sehat, dengan pembangunan Ipal Tinja Komunal, tapi disini tidak memiliki lahan yang luas untuk pembangunannya, apalagi dirumah mereka di bangun septik tank, ini sangat tidak mungkin, hal ini perlu solusi yang baik dan pemerintahlah yang bisa memutuskan" harap Seno.

Satgas Citarum harum subsektor 05-22 bersama Gober dan Baraya melaksanakan giat pembersihan di Anak Kali Ciateul RW 09 Kelurahan Maleer sepanjang 200 mtr dan menghasilkan sampah sebanyak 300 kg.
*M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes