Anugerah Posyandu Terinovatif versi UPT Puskesmas Sukajadi

UPT Puskesmas Sukajadi

KIMCIPEDES.COM, SUKAJADI | Sebagai wujud komitmen UPT Puskesmas Sukajadi Kota Bandung dalam mencegah dan menanggulangi stunting “Aku Cinta Sehat” dan “Ayo Hidup Sehat”, Mulai dari kita menjadi tema dan sub tema Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 Tahun 2018, ayo mulai hidup sehat merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan sebagai insan kesehatan, Mulai dari Kita, akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat negeri ini.

Kepala UPT Puskesmas Sukajadi, dr. Hj. Erti Rostiati, MH., M.Kes mengatakan Peringatan HKN ke 54 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif, mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat mulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.
Turut menghadiri kegiatan HKN ke 54 UPT Puskesmas Sukajadi, Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded, Sekrataris Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr. Hj. Nina Manarosa, M. Kes, Camat Sukajadi, Drs. YudiHermawan,YudiHermawan, Para Lurah Se-Kecamatabn Sukajadi, LKK se Kecamatan Sukajadi, Polsek Sukajadi, dan tokoh masyarakat Sukajadi, bertempat dihalaman UPT Puskesmas Sukajadi, Jalan Sukagalih No. 25 Bandung, Rabu, 28/11/2018.

Drama Musikal Parodi Stunting yang diperankan oleh karyawan UPT Puskesmas Sukajadi merupaka sebagai wujud komitmen UPT Puskesmas Sukajadi dalam mencegah dan menanggulangi stunting, bisa memberikan gambaran yang begitu jelas akibat pemenuhan gizi yang tidak maksimal dalam periode emas pertumbuhan anak. Stunting masalah gizi sudah menjadi agenda utama nasional dan harus di cegah. Melalui pementasan drama diharapkan masyarakat bisa lebih jelas melihat dampak yang ditimbulkan akibat stunting jika tidak ditangani dengan baik dan serius,” ujar dr. Erti..

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap Lansia, Kecamatan Sukajadi memberikan bantuan sembako untuk lansia dan Pengenalan Inovasi SALASA. Bantuan tersebut diserah oleh Umi Siti Muntamah Oded didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr. Nina Manarosa,M.Kes, Camat Sukajadi, Drs. Yudi Hermawan, Kepala UPT Puskesmas Sukajadi, dr. Hj. Erti Rostiati,MH.,M.Kes.

Lansia merupakan tahapan terakhir dalam kehidupan, dimana pada masa ini seseorang mengalami kemunduran fisik, mental dan sosial sedikit demi sedikit. Inovasi Sepuh Bingah dan Lasegar merupakan bukti nyata dukungan Puskesmas untuk memberikan pelayanan yang prima bagi golongan usia tersebut.

Tak hanya Puskesmas, kecamatan pun diharapkan mampu mendorong lansia untuk hidup sehat dan mandiri. Sebagai bukti keseriusan kecamatan Sukajadi untuk memberikan pelayanan terbaik untuk lansia, maka diluncurkanlah program inovasi Selasa Sedekah Untuk Lansia. Semoga Inovasi SALASA terus berkembang dalam mensejahterakan lansia di Sukajadi.

Inovasi-Inovasi dalam meningkatkan indeks kebahagiaan warga Sukajadi terus bermunculan, LAZITA adalah Layanan Gizi Balita dan SIBULAN adalah Nasi Bekal Untuk Lansia merupakan inovasi kecamatan Sukajadi dalam menanggulangi masalah gizi yang ada di wilayah kerja Sukajadi.

Lazita memiliki target sasaran balita dengan status gizi dibawah rata-rata dengan jadwal pemberian di hari Jumat setiap minggunya. Dibantu oleh sponsor dan tak lupa UPT Puskesmas Sukajadi melakukan pembinaan agar kegiatan berlangsung dengan baik.

Posyandu merupakan awal mula informasi kesehatan bisa diakses oleh masyarakat. Posyandu menjadi sarana untuk melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sebagai bentuk penghargaan UPT Puskesmas Sukajadi atas dedikasi dan kerjasama selama ini maka menganugerahkan kepada :
  1. Posyandu Mawar RW 02 Kelurahan Sukawarna sebagai Posyandu dengan Pelayanan SDIDTK Terbaik.
  2. Posyandu Mangga 3 RW 05 Kelurahan Sukagalih sebagai Posyandu Dengan Inovasi Terintegrasi Terbanyak.
  3. Posyandu Melon RW 07 Kelurahan Sukabungah sebagai Posyandu Dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat Terbaik.
  4. Posyandu Camar RW 02 Kelurahan Cipedes sebagai Posyandu Dengan PMT Penyuluhan Terbaik.
  5.  Posyandu Sederhana RW 1- Kelurahan Pasteur sebagai Posyandu Dengan Penanganan Kasus terbaik.
Sampah selalu hadir sebagai sebuah konsekuensi dari adanya aktifitas manusia. Setiap aktifitas barang tentu akan menghasilkan tabungan atau sampah. Terlebih diperkotaan, padatnya penduduk serta meningkatnya taraf hidup masyarakat, secara tidak langsung berpengaruh pada peningkatan volume sampah.

Sebagai wujud dukungan UPT Puskesmas Sukajadi dalam penanggulangan sampah dan program 100 hari kerja Wali Kota Bandung melalui Kang PisMan “Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan” keikutsertaan karyawan UPT Puskesman Sukajadi dalam program Bank Sampah dan sedekah sampah.

Posyandu Nuri 2 Kelurahan Cipedes merupakan salahsatu posyandu pelopor bank sampah dan sedekah sampah diwilayahnya. Dan pemenang lomba yel-yel HKN ke 54 jatuh kepada Kelurahan Cipedes. Semoga kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan Indonesia dengan upaya promotif dan preventif dan menyadarkan kita bahwa sehat dimulai dari Kita.

Ketua TP PKK Kota Bandung, Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengapresiasi kolaborasi stakeholder diwilayah Sukajadi dengan berbagai inovasi melayani warga. Sehingga warga merasa bahagia sebagai warga Kota Bandung. Dan tidak lama lagi, UPT Puskesmas Sukajadi akan lounching sebagai Puskesmas Ramah Anak.

Mari kita bersama-sama mensukseskan Program Wali Kota Bandung dan Waki Wali Kota Bandung, semoga upaya kerja kita mendapatkan rahmat hidayah Allah SWT, “ ungkap Siti Muntamah Oded yang akrab disapa Umi. ***

3/Post a Comment/Comments

  1. Alhamdulillah. RW 07 Kel. Sukabungah jadi juara. Selamat ya Bu Cacih, Bu Yani, Bu Ai dan seluruh jajarannya. Juga kepada Ketua RT dan seluruh warga atas kerjasamanya. Mudah-mudahan lebih kompak lagi dan lebih semangat. Wassalam.

    BalasHapus
  2. Aminnn, haturnuhun Kang Taufik Hdayat sdh mampir di blog KIM Cipedes...............

    BalasHapus
  3. Aminnn, haturnuhun Kang Taufik Hdayat sdh mampir di blog KIM Cipedes...............

    BalasHapus

Posting Komentar

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes