4 Tahun Indonesia Kreatif, Guncangkan Dunia


KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia, dengan jumlah penduduk mencapai 265 juta jiwa. Potensi sumber daya manusia yang sangat luar biasa dengan kreatifitas – kreatifitas generasi penerus bangsa tentu dapat mewujudkan rakyat Indonesia Sejehtera.

Selain Sumber daya manusia, Indonesia juga kaya dengan sumber daya alam salahsatunya penghasil jenis bahan tambang, petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak. Kita sebagai warga Negara Indonesia bangga, sumber daya manusia merupakan asset untuk menggali potensi – potensi kekayaan alam Indonesia dengan kreatifitas dan inovasi menuju Indonesia Lebih Sejahtera.

Alhamdulillah, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Cipedes mewakili Kota Bandung dan pertama kali mengikuti Lomba Flash Blogging yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan Komunikasi, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dengan Tema 4 Tahun Indonesia Kreatif, bertempat di Hotel Aryudata Bandung, Jumat, 23 November 2018. Sekitar 200 peserta yang mengikuti kontes Flash Blogging terdiri dari Kelompok Informasi Masyarakat Se-Jawa Barat, Blogger Bandung, Jurnalis, Kelompoh Penulis dan Mahasiswa. Kontes Flash Blogging dibuka secara resmi oleh Direktur Pengelolaan Media Kementerian Kominfo, Siti Meiningsih, dengan menghadirkan pembicara Staf Khusus Kepresidenan Handoko.


Siti Meiningsih dalam sambutannya mengatakan kontes Flash Blogging 4 Tahun Indonesia Kreatif melibatkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai corong penyebar informasi kepada masyarakat dengan arus informasi begitu derasnya baik yang berisi konten positif maupun konten negatif. KIM dan blogger dapat memiliki peran penting dalam deseminasi informasi dengan memiliki etika penulisan dan penyebaran informasi yang baik di dunia digital. Dengan maraknya hoax didunia maya, konten-konten yang tidak jelas sumber informasinya yang akan merusak ketentraman dan kemanan masyarakat. yang dapat memperpecah bela NKRITentu dengan harapan ke depan, KIM dan blogger memiliki kontribusi lebih dalam menyebarkan informasi positif, sebagai salahsatu upaya dalam membasmi hoax kemajuan Indonesia tak hanya di bidang teknologi saja. Jadilah Genposting (Generasi Positif Tinggi).


Sementara itu, Handoko Sudarta, Tim Komunikasi Presiden (TKP) menerangkan tentang 4 tahun kemajuan Indonesia dengan ekonomi kreatif, dengan materi Kamu Ingin Jadi Apa ? :
1.      Peduli (Relawan)
2.      Kreator (Start-up dan Musisi/Seniman)
3.      Eksplorer (Traveller dan Pecinta Alam)
4.     Cendikiawan 
5.      Pahlawan (Atlet dan Tim SAR)
6.      Orang Biasa 

Dari 6 point diatas tersebut merupakan cara masing-masing dalam berkontribusi dan berkarya untuk menyumbangkan kreatifitas dan prestasi bagi bumi pertiwi ini. Sehingga jangan pernah berhenti untuk berinovasi dan berkarya, lakukan dengan sepenuh jiwa sesuai dengan niat dan hati nurani kita. Karya kreatifitasmu ditunggu penghuni bangsa ini yang akan memberikan dampak positif bagi orang lain.

Handoko mengungkapkan pada tahun 2015, sekitar 15 persen sebagian wilayah Indonesia belum memiliki listrik, sehingga hal tersebut menjadi pertanyaan saya, dan tidak masuk dalam pikiran saya, sudah 70 tahun Indonesia Merdeka. Semua itu dapat diatasi selama kepeimpinan Joko Widodo, dan tidak ada lagi wilayah yang beluam dialiri listrik. 

Handoko mengutarakan bahwa pengangguran sangat menurun drastis kurang dari 0,37% dari tahun 2017 - 2018. Asal kita aktif, usaha, dan bekerja keras banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di sekitar kita," ungkap Handoko.

Menurut Handoko 10 start-up di Asia, 7 diantaranya merupakan start-up Indonesia yang berhasil menggerakan roda perekonomian Indonesia yaitu antara lain : diantaranya Traveloka, Bukalapak,  Tokopedia dan Gojek.

Begitu juga dengan  Atlet Asean Games 2018 yang mampu mengguncang dunia, mengharumkan nama Indonesia dimata dunia. Perhelatan Asian Games 2018 pada bulan Agustus lalu terlihat jelas kemegahan ajang olahraga ini mampu mempersatukan warganet yang mulanya terpecah belah oleh opini yang berseberangan.
Atlet Indonesia mempersembahkan 31 medali emas dengan karya kreatifitas Indonesia menduduki peringat ke - 4.  Atas prestasinya, Pemerintah mengapresiasi pemerintah dengan mengangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dan juga dana apresiasi sebesar 1,5 Milyar bagi atlit peraih medali emas. ***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes