Kecamatan Sukajadi Mendapat Apresiasi Pembentukan Bank Sampah


KIM Cipedes, Bandung | Kecamatan Sukajadi salahsatu wilayah dalam pengolahan sampah berbasis Kang PisMan (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan) disalurkan dan dikelola melalui Bank Sampah.

Seperti halnya di Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi sudah membentuk unit-unit Bank Sampah di setiap RW sejak 6 bulan yang lalu, tepatnya, 27 April 2018, bertempat di Aula Kelurahan Cipedes. Pembentukan Unit-Unit Bank Sampah tersebut ditandai dengan lounching Ayo Menabung Sampah.

Lurah Cipedes, Dedi Rustandi, SH mengatakan sampah merupakan salahsatu masalah lingkungan yang utama di Indonesia. Persoalan sampah saat ini sudah menjadi problem di masing-masing wilayah Rukun Warga, meskipun demikian, jika pengelolaan sampah dilakukan dengan cara yang benar, menjadi berkah bagi warga masyarakat," ungkap Dedi.

Camat Sukajadi, Drs. Yudi Hermawan menimbang sampah di halaman Kantor Kec. Sukajadi, Selasa,16/10/2018

Atas dasar hal tersebut kata Dedi, maka setiap wilayah RW perlu segera melakukan penanganan sampah dengan efektif dan berwawasan lingkungan dengan membentuk unit-unit Bank Sampah di RT/RW. Bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah diantaranya sampah plastik, kardus, koran, dan keresek akan menjadi barrokah amal sholeh kita, .....yuuk kita jadi pendonor bank sampah Kelurahan Cipedes feat bank sampah Karimbi Abra di dukung oleh Bank Sampah Hijau Lestari Kota Bandung,” ajak Dedi.

Sehingga, pada pencanangan Gerakan PisMan oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Kecamatan Sukajadi mendapat apresiasi salahsatu Kecamatan yang membentuk Bank Sampah ala Kang PisMan dalam rangka mewujudkan dan mensukseskan Kota Bandung bebas dari sampah.

Pencanangan Gerakan PisMan oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial bertempat di Cikapundung River Spot Jalan Soekarno Bandung, Rabu, 17/10/2018.

Kecamatan Sukajadi
Lounching Ayo Menabung Sampah di Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi

Camat Sukajadi, Drs. Yudi Hermawan mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Sukajadi yang telah mendukung terbentuknya Bank Sampah ala Kang Pisman di wilayah Sukajadi, sehingga Kecamatan Sukajadi mendapat apresiasi dari Wali Kota Bandung, Oded M Danial atas terbentuknya Bank Sampah ala Kang PisMan," ucap Yudi.


Menurut Yudi, Kantor Kecamatan Sukajadi yang terletak dijalan Sukamulya No. 4 Bandung menerima sedekah sampah dan tabungan sampah, termasuk di 5 (lima) Kelurahan, Cipedes, Sukabungah, Sukagalih, Pasteur dan Sukawarna. Dan untuk Pelayanan Bank Sampah dibagi 2 kategori yaitu Sedekah Sampah dan Tabung Sampah. Untuk pelayanan sedekah sampah kita buka tiap hari. Sedangkan untuk pelayanan Tabung Sampah 2 (dua) minggu sekali, setiap hari Selasa," ujar Yudi.

Sedangkan untuk Pelayanan Bank Sampah di Kelurahan, kata Yudi sudah ada jadwal masing-masing tiap kelurahan dan bahkan seluruh ASN dan aparat kewilayahan dilingkungan Kecamatan Sukajadi sudah menjadi nasabah Bank Sampah," pungkas Yudi ketika ditemui KIM Cipedes dilokasi Pencanangan Gerakan PisMan.



Wali Kota Bandung, Oded M. Danial hadir didampingi Plh. Sekretaris Daerah Kota Bandung, Evi S. Shaleha dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung, Siti Muntamah.

Mang Oded sapaan akrab Wali Kota Bandung ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan program Kang PisMan ini. Kepada segenap masyarakat, para tokoh-tokoh agama, pengurus tempat ibadah, RT, RW, kantor-kantor/gedung pemerintah dan swasta, komunitas, ormas untuk turut serta mendalami kepedulian bersama.

“Mari sukseskan dengan cara bergabung menjadi Balad Kang Pisman sebagai bentuk dukungan dan kepedulian menanggulangi masalah lingkungan kita bersama secara fundamental, sehingga Bandung Beresih dapat kita wujudkan,” ajak Mang Oded.

“Beberapa dinas, kecamatan dan kelurahan sudah mulai merespon dengan membuat bank sampah, diantaranya bank sampah Disdagin, Dinas Perhubungan Kota Bandung, BPPD, Kecamatan Sukajadi, dan DLHK. **

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes