Wakil Kota Bandung : HJKB Semangat Menciptakan Bandung Lebih Baik

Oded M Danial

BANDUNG, kimcipedes.com - Peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) tahun ini tidak sekadar upacara seremoni. Lebih dari itu, ada sesuatu yang dipandang lebih penting lagi yang dapat menumbuhkan semangat untuk menjadikan Kota Bandung yang berusia 208 tahun lebih baik.

Itulah keinginan Wali Kota Bandung yang baru beberapa hari dilantik, Oded M. Danial yang diungkapkan saat diwawancarai sejumlah awak media di Pendopo Kota Bandung, Senin (24/9/2018). “Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ini diharapkan bisa membangkitkan spirit kita. Misalkan, semangat menciptakan Bandung lebih baik,” katanya.

Kemudian, Mang Oded bercerita tentang spirit yang diperolehnya dari keluarga besar R.A Wiranatakusumah II, leluhur yang memimpin cikal bakal Kota Bandung. Dahulu para leluhur merintis kota berjuluk Parijs van Java ini dari yang asalnya hutan belantara.
“Dulu Kota Bandung ini tina leuweung geledegan (hutan belantara, red) jadi sebuah kota. Leluhur kita menata dengan luar biasa hingga sekarang menjadi sebuah kota seperti ini. Itu kan spirit yang harus kita ambil,” tutur Mang Oded.

Bandung semakin juara

Yayan A Brillyana

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Yayan A. Brillyana mengemukakan, tema HJKB tahun ini adalah Bandung Semakin Unggul, Semakin Juara. Harapannya, tema dapat menggugah semangat Kota Bandung untuk meningkatkan keunggulan di berbagai bidang maupun SDM. Ini menjadi motivasi untuk semakin juara sebagaimana Visi Kepala Daerah Baru, yakni Melanjutkan Bandung Juara yang Unggul, Nyaman, Sejahtera, dan Agamis.

“Tagline yang diusung adalah Bandung Sauyunan karena kami ingin membangun kota berjuluk Kota Kembang ini bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali,” kata Yayan.

Sejalan dengan itu, logo yang dipilih menggambarkan jembatan Pasupati. Jembatan bukan sebagai pemisah tetapi sebagai pemersatu warga Kota Bandung untuk selalu mengedepankan keunggulan dan membuat Kota Bandung semakin juara. Warna oranye pada jembatan merepresentasikan warga kota yang ceria, kreatif, dan inovatif.

Dijelaskan Yayan, maksud dan tujuan penyelenggaraan HJKB antara lain untuk mengenang dan melestarikan kebesaran peran sejarah Kota Bandung sebagai kota perjuangan. Selain itu juga menumbuhkembangkan kesadaran, semangat dan rasa memiliki serta mencintai Kota Bandung, dan menumbuhkembangkan partisipasi, inovasi dan kreativitas seluruh masyarakat Kota Bandung.

“Untuk rangkaian acaranya, telah dimulai dengan pengambilan video ucapan selamat Hari Jadi ke-208 Kota Bandung yang telah dilaksanakan pekan lalu. Kemudian tadi pagi telah dilaksanakan ziarah ke makam leluhur pendiri Kota Bandung. Besok, Selasa (25/9/2018) akan dilaksanakan upacara puncak peringatan HJKB. Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda DPRD dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-208 tahun 2018” terang Yayan.

Di samping itu, lanjutnya, ada juga pelaksanaan Indonesian City Government PR Summit yang akan digelar 4 Oktober 2018 mendatang, Bandung Light Festival (13 Oktober 2018) dengan peserta seluruh OPD dan Swasta di Kota Bandung, Bandung Halal Culinary (13 Oktober 2018), dan Bandung Great Sale dalam periode 14 Oktober 2018 sampai dengan 11 November 2018.***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes