H. Dadang Rustama : "Terpilihnya Saya Sebagai Ketua RW 02 Merupakan Musibah"

Kelurahan Cipedes
H. Dadang Rustama Ketua RW 02 Terpilih

SUKAJADI, kimcipedes.com - Pemilihan Ketua RW 02 Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi Kota Bandung berjalan aman, lancar dan kondusif. Wilayah RW 02 terdiri dari 6 RT menggelar Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua RW 02  bertempat di Halaman Sekretariat Posyandu Kenari RW 02, Minggu, 23 September 2018. Proses Pemilihan Ketua RW 02 disaksikan oleh Babinsa Kelurahan Cipedes, Adrianus Hulu, Bagian Pelayanan Kelurahan Cipedes, Samsudin, S.Sos, Staf Pelayanan Kelurahan Cipedes, Asep, dan Ketua Karang Taruna Rajawali Kelurahan Cipedes, Dedi Djunaedi serta Ketua RW 01, Ade Rohman serta tokoh masyarakat RW 02.

Hasil dari penghitungan suara, H. Dadang Rustama unggul dari dua calon Ketua RW 02 lainnya yaitu Usyuwandi Gunawan dan Marthinus Agan.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan RW 02, Tuti Kurnaeti pada kesempatan tersebut membacakan berita acara perolehan suara Pemilihan Ketua RW 02, Usyuwandi Gunawan meraih 59 suara, H. Dadang Rustama 95 Suara dan Marthinus Agan 51 suara, dengan total pemilih sebanyak 202 dari 313 hak pilih. Sehingga Panitia Pemilihan menetapkan H. Dadang Rustama Ketua RW 02 Terpilih  Masa Bakti Periode 2018 - 2021.

H. Karna Rumana yang sudah 3 periode menjabat sebagai Ketua RW 02, mengatakan bahwa H. Dadang Rustama Ketua RW 02 Terpilih sosok yang sudah berpengalaman dalam memimpin kewilayahan. Kami ini sebetulnya melanjutkan setelah kepengurusan beliau yang ketika itu habis masa jabatannya, dan sekarang kita serahkan lagi ke beliau atas kehendak warga tentunya dalam proses Pemilihan Ketua RW 02," ungkap Karna.

Lebih lanjut dikatakan Karna, penggunaan manfaat anggaran Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK) Tahun 2018 sudah direalisasikan, terakhir penggunaan anggarannya untuk renovasi gedung sekretariat RW 02. Mudah-mudahan, dengan adanya rencana Pemerintah Kota Bandung untuk meningkatkan anggaran PIPPK RW menjadi Rp. 200 Juta dapat mengembangkan wilayah RW 02 lebih baik lagi kedepannya," ungkap Karna.

Sementara itu, H. Dadang Rustama Ketua RW 02 Terpilih dalam sambutannya mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, pada siang hari ini, dengan kondisi cuaca yang sangat panas kita dapat berkumpul melaksanakan sebagian ibadah kita diantaranya "Muamalah" bermasyarakat, mudah-mudahan semua ini menjadi ibadah. Dan sebetulnya saya terpilih ini musibah buat saya, karena 1. menambah lagi kerjaan 2. Beratnya tanggungjawab sebagai pemimpin wilayah. Jadi sebetulnya, saya dari kemarin tidak mencalonkan diri tapi dipaksa untuk dicalonkan dan akhirnya saya juga menyerah memberikan KTP dan foto," ungkap H. Dadang.

Alhamdulillah kata H. Dadang, kita juga bersyukur kepada Allah SWT, perjalanan musyawarah untuk mendapatkan pemimpin di wilayah RW 02 ini berjalan dengan baik, kalau sudah diberikan amanah, harus dijalani dan mudah-mudahan juga kita bisa melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

Tapi apa artinya seorang Dadang untuk RW 02 ini, kalau tanpa dukungan dari masyarakat semua, baik itu program dari pemerintah, baik itu program diwilayah sendiri, kalau tidak ada dukungan dari masyarakat tidak ada artinya. Siapapun yang mencanangkan program, sekalipun, misalnya Bapak Joko Widodo yang memimpin wilayah RW 02, tapi masyarakatnya cicing we, acuh tak acuh tak akan berhasil, keberhasilan itu adalah keberhasilan bersama. Keberhasilan pembangunan wilayah begitu signifikan oleh pengurus RW 02 yang lama, tentu keberhasilan semua itu tidak terlepas dari dukungan dan peran serta warga masyarakat. Bagi saya terasa berat, mempertahankan keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai Pengurus RW 02 lama, karena mempertahankan keberhasilan itu paling susah. Untuk itu, saya mohon dukungan dan kerjasama seluruh warga masyarakat, karena dengan kerjasama akan mencapai keberhasilan yang baik," ujar Dadang.

Bagian Pelayanan Samsudin, S.Sos Kelurahan Cipedes menyampaikan permohonan maaf Lurah Cipedes Dedi Rustandi, SH yang pada kesempatan yang berbahagia ini tidak dapat hadir menyaksikan Pemilihan Ketua RW 02 karena ada kegiatan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan atau diwakilkan. “Saya atas nama Pemerintahan Kelurahan Cipedes mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Panitia Pemilihan Ketua RW 02 yang telah meluangkan waktu dan tenaga sehingga proses Pemilihan Ketua RW 02 ini berjalan aman, lancar sesuai yang kita harapkan,” ungkap Sam.

Sam mengucapkan selamat kepada H. Dadang Rustama Ketua RW 02 Terpilih, semoga dapat menjalankan amanah dan kepercayaan yang telah diberikan warga RW 02 dan berharap selalu bersinergis antara Ketua RT dan Ketua RW serta warga masyarakat dalam pembangunan diwilayah RW 02 untuk kesejahteraan warga,” ujar Sam.

Babinsa Kelurahan Cipedes Adrianus Hulu mengungkapkan dalam suatu pemilihan, kalah atau menang, terpilih atau tidak itu adalah soal yang biasa. Terpenting adalah pembangunan berjalan dengan lancar, pemilihan secara demokrasi berjalan dengan lancar dan tidak ada gotok-gotokan, semua ini tujuannya untuk melayani masyarakat. Tugas Ketua RT dan Ketua RW ini cukup berat, karena berbagai macam keinginan warga harus dilayani, dan bahkan kejadian kemalingan, keributan, RT dan RW yang tidak tau apa-apa pasti ke bawa-bawa terus dalam permasalahannya, dan itulah resikonya jabatan seorang Ketua RT dan Ketua RW.

Adrianus menjelaskan bahwa jabatan Ketua RW merupakan amanah yang diberikan warga masyarakat. Karena hidup ini adalah ibadah kita jalani dengan tulus ikhlas, sehingga akan membuat hidup kita tenang. Karena mau tidak mau harus dikerjakan, karena yang dilihat masyarakat itu bukan keberhasilan kita tapi begitu ada kesalahan menjadi persoalan sehingga akan menjadi omongan. Karena itu Ketua RT RW harus siap, supaya apapun yang disampaikan oleh masyarakat, menjadi pemicu bagi kita untuk bangun terus dan bukan menjadi suatu halangan tapi untuk menyemangati kita supaya tidak terlena. Kalau tidak ada koreksi-koreksi dari masyarakat, kita merasa akan benar selalu dalam menjalankan amanah yang diberikan. Dan jika ada koreksi-koreksi atau masukan-masukan dari masyarakat kita tampung dan komunikasi dengan baik, sehingga segala persoalan, masalah yang ada dapat secepat terselesaikan. Karena apapun hidup kita tidak terlepas daripada segala masalah, jangan mengurus satu rw, satu keluarga saja pasti ada permasalahan karena diantara anak-anak, istri, suami pasti ada perbedaan pendapat, tapi dalam perbedaan jangan kita permasalahkan, tapi kita komunikasikan dengan baik, dan menghasilkan keputusan yang baik,” ujar Adrianus. ***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes