Pokja I TP PKK Kota Bandung Kunjungi Posyandu Perkutut

Pokja I TP PKK Kota Bandung

Sukajadi, kimcipedes.com | Keberadaan PKK sebagai mitra pemerintah sangatlah penting, sebagai salah satu peran dalam bidang pelayanan kesehatan ibu dan anak, pembinaan kesehatan lingkungan (penggunaan air bersih, spal, jamban keluarga dan rumah sehat), serta penyuluhan kesehatan dan pembinaan posyandu dan kader, telah terbukti efektif dan mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan dan derajat kesehatan masyarakat.

Kunjungan Tim Bina Wilayah Program Pokok PKK dan Monev Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Tingkat Kota Bandung Tahun 2018 ke Posyandu Perkutut Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi merupakan kesempatan yang baik untuk menjelaskan sekaligus memperlihatkan hasil-hasil yang telah diperoleh dari pelaksanaan Program PKK, KB dan Kesehatan. Keberhasilan Program Kesatuan Gerak PKK KB dan Kesehatan harus selalu di upayakan karena sesungguhnya Kesatuan Gerak PKK dan KB yang baik dapat menghasilkan manfaat yang besar di masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Camat Sukajadi, Drs. Yudi Hermawan didampingi Lurah Cipedes Dedi Rustandi,SH ketika ditemui kimcipedes.com disela-sela penerimaan kunjungan Tim Bina Wilayah Program PKK dan Monev Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Tingkat Kota Bandung Tahun 2018, bertempat di Aula Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi, Rabu, 25 Juli 2018.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala UPT Puskesmas Sukajadi dr. Erty Rostiaty, Babinsa Kelurahan Cipedes Andrian, Binmas Kelurahan Cipedes Endang, Sekretaris Kelurahan Cipedes Sudirman, S.Sos, Lurah Sukabungah Suherman, SE Lurah Pasteur, Kuniya Lurah Sukagalih Aep Sahri, S.Sos, dan Lurah Sukawarna Adjat Sudradjat, SE, Ketua TP PKK Kecamatan Sukajadi Yustina Hermawan, Ketua TP PKK Kelurahan Cipedes Kaniawati Dewi, Ketua Forum RW Kelurahan Cipedes Suherman, Ketua Karang Taruna Rajawali Kelurahan Cipedes Dedi Djunaedi dan Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Cipedes Asep Wahyu Hermawan serta tamu undangan lainnya.

Yudi berharap dengan adanya kegiatan Monev ini dapat memotivasi seluruh warga Kecamatan Sukajadi, khususnya warga Kelurahan Cipedes, untuk terus berusaha memperbaiki segala kekurangan dalam upaya menyukseskan jalannya program ini. “Apapun hasil yang diperoleh dari Tim Penilai monev Kota Bandung akan menjadi masukan yang harus diperhatikan seluruh pihak yang aktif dalam mendukung program. Hal yang terpenting PKK perlu terampil dan bisa mendidik para kader maupun dalam lingkungan keluarga. "Maka dari itu bagi semua kader diharapkan bisa memberikan inovasi yang baik dan mempunyai pendidikan yang cukup sehingga PKK bisa lebih inovatif," ujar Yudi.

Hal senada juga dikatakan Lurah Cipedes Dedi Rustandi, SH bahwa PKK telah menunjukkan peran serta yang sangat aktif dalam berbagai program pembangunan. Pembinaan dan pengembangan gerakan PKK yang mengarah kepada peningkatan kualitas hidup keluarga beserta seluruh anggota menjadi sangat penting untuk di dukung dan dikembangkan. Oleh karena itu, dengan kehadiran tim monev dari Kota Bandung, selain memberikan penilaian juga diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi kader PKK untuk bekerja lebih giat, fokus dan terukur agar kinerja TP PKK dapat dirasakan manfaatnya lebih luas," jelas Dedi.

Tim Bina Wilayah Program Pokok PKK dan Monev Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Tingkat Kota Bandung Tahun 2018 terdiri dari unsur Dinas Kesehatan Kota Bandung Tita, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung Efi, Dinas Pendidikan Kota Bandung Deden, DPPKB Kota Bandung Eci, Tim Pokja I TP PKK Kota Bandung Ibu Bambang, Alan, Nia, Aas, Iin (Sekretariat), dan Tia (Bendahara).

Tim Bina wilayah tidak hanya terdiri dari Pokja I, tapi mulai dari Kesekretariatan, Bendahara, Pokja I, Pokja II, Pokja III, Pokja IV, dari TP. PKK Kota Bandung. Dan penilaianpun sesuai tupoksi. Pokja I TP PKK Kota Bandung menilai administrasi dan kegiatan Pokja I semua kelurahan di Sukajadi, masing-masing pokja beda program dan keggiatannya.

Sementara itu menurut Ketua Pokja I TP PKK Kota Bandung, Bambang menyampaikan kedatangan Tim Bina Wilayah Program Pokok PKK dan Monev Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Tingkat Kota Bandung Tahun 2018 yaitu ingin mengetahui sejauh mana kesiapan dan hasil yang diberikan Posyandu Perkutut untuk masyarakat. "Kita bukan hanya sekedar menilai saja, tapi juga memberikan masukan yang tebaik untuk Psoyandu Perkutut demi masyarakat.

Ketua Pokja II TP PKK Kelurahan Cipedes, Sri Sumaryati mengucapkan terima kasih kepada Tim Bina Wilayah Program Pokok PKK dan Monev Kesatuan Gerak PKK – KB – Kesehatan Tingkat Kota Bandung Tahun 2018 yang menyempatkan untuk berkunjung ke Kelurahan Cipedes khususnya ke Posyandu Perkutut. Kegiatan ini mengusung tema melalui Pembinaan Kewilayahaan dan Monev Kesatuan Gerak PKK – KB- Kesehatan Kita Wujudkan Masyarakat Yang Berdaya Sehat Sejahtera Lahir dan Bathin.

Sekilas Profil Posyandu Perkutut

Posyandu Perkutut merupakan suatu bentuk UKBM yang berasal dari, oleh dan untuk masyarakat. Posyandu Perkutut terletak diwilayah RW. 03 tepatnya di RT 02 dimana memiliki batas wilayah :

- Sebelah Timur : Kelurahan Pasteur 
- Sebelah Barat : RW. 01 
- Sebelah Selatan : RW 04
- Sebelah Utara : RW 02

Luas wilayah RW. 03 adalah 5 Ha, jumlah RT 7, Jumlah Kelompok PKK RT : 7, Jumlah Dasawisma 10, Jumlah Kader Umum : 10 Orang, Jumlah Kader Khusus : 2 Orang, jumlah Kepala Keluarga 394 KK, jumlah Jiwa : Laki-Laki 725 jiwa, Perempuan 676 Jiwa.

Visi, Misi Posyandu Perkutut 
- Visi : Terwujudnya Posyandu yang berkualitas menuju Posyandu Multifungsi

Misi : 
- Menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dari tingkat bawah. 
- Mendorong kemandirian hidup sehat berbasis masyarakat 
- Mewujudkan, memelihara dan meningkatkan pelayanan yang bermutu dan terjangkau.

Fungsi :
- Memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Kegiatan Pokok Posyandu Perkutut RW 03 :

- Penimbangan BALITA : Sabtu Minggu Ke I
- Pembuatan Aneka Kerajinan : Kamis, jumat dan Sabtu
- Arisan RW : Kamis
- Pengajian Rutin : Sabtu Minggu ke I
- Pengajian Majelis Ta’lim Nurul Huda : Kamis Malam
- Kerja Bakti : Jumat Pagi dan Minggu Pagi
- Magrib Mengaji : Setiap Hari
- Shalat Subuh Berjamaah : Tiap Hari
- Berkebun : Tiap Hari Jumat
- Senam Lansia : Minggu Pagi

Prestasi yang diraih :

1. Juara II Lomba Balita Tingkat Kelurahan
2. Juara II Lomba Balita Tingkat Kecamatan
3. Juara II Lomba Tumpeng Tingkat Kelurahan
4. Juara I Lomba Ekspose Tingkat Kelurahan
5. Juara II Lomba Hantaran Tingkat Keluarahan
6. Juara II Lomba Loahan Toga Tingkat Kelurahan

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes