M. Ridwan Kamil : Paskibra Kelompok Manusia Indonesia Terdidik, Kompetitif, Kreatif, Inovatif, dan Mandiri

Ridwan Kamil
M. Ridwan Kamil
BANDUNG, kimcipedes.com - Membangun jiwa pelajar dan pemuda agar lebih patriotik, berkarakter kebangsaan dan berdaya saing tinggi, antara lain melalui upaya mengembangkan potensi diri dengan meningkatkan semangat disiplin dan cinta tanah air sebagai seorang anggota Paskibra.

Pengalaman menjadi paskibra akan sangat berguna untuk masa depan para pelajar dan pemuda, karena kedisiplinan merupakan modal utama meraih cita-cita menjadi generasi yang berkualitas, dalam arti cerdas secara intelektual, spiritual dan sosial.

Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil dalam sambutannya mengatakan hal tersebut pada Pengukuhan Calon Anggota Paskibra Kota Bandung Tahun 2018, bertempat di SMP Negeri 36 Bandung, Jl. Caringin Babakan Ciparay Kota Bandung, Kamis, 28 Juni 2018 malam.

Menurut Ridwan, Paskibra merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan pendidikan nonformal, bahkan telah menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib di sekolah. Selain merupakan sarana pembinaan kesiswaan, kegiatan ini juga telah menjadi penilaian proses belajar mengajar di sekolah, sehingga baik-buruknya prestasi siswa salah satunya ditentukan oleh kegiatan Paskibra.

Ridwan menilai kegiatan ekstra kurikuler ini begitu penting dan strategis, karena telah menjadi model pembinaan generasi muda dan wadah untuk menyalurkan kreativitas siswa, serta bermanfaat dalam membentuk karakter pelajar dan pemuda agar berguna bagi bangsa dan negara.

Kegiatan Paskibraka juga menjadi semakin penting pada saat kita sadar, bahwa ternyata sebagian dari remaja dan pemuda tidak dapat menyalurkan proses pencarian identitas mereka secara positif, sehingga berakibat lahirnya perilaku-perilaku menyimpang seperti yang dilakukan geng motor, perkelahian antar pelajar, terjerumus aliran sesat, dan sejumlah perbuatan lain yang bertentangan dengan sistem nilai pada masyarakat kita.

Oleh karena itu, saya mengapresiasi kegiatan malam hari ini, mudah-mudahan saja Pengukuhan Calon Paskibra ini bukan saja menambah rasa bangga dan percaya diri, tetapi juga menambah semangat nasionalisme dan motivasi para pelajar untuk memberikan kiprah dan prestasi terbaik bagi negeri, melalui kiprah dan tugas masing-masing.
Terlebih keterlibatan pelajar dan remaja dalam Paskibra dapat menutup peluang berkembangnya kenakalan dan sikap-sikap destruktif. bahkan saya meyakini, Paskibra mampu mewadahi remaja dan para pelajar untuk menyalurkan kreativitas dan inovasinya ke arah yang positif.

Malam ini adalah momen yang sangat berharga bagi para Pembina Paskibra, karena dapat menjadi sarana untuk mempererat hubungan pribadi sekaligus memperkokoh semangat kebersamaan, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas pembinaan.

Hubungan kebersamaan tersebut akan terasa semakin penting manakala kita dihadapkan pada tantangan yang semakin berat di masa depan. untuk itu saya berharap para pembina memiliki persepsi yang sama dalam mengembangkan pembinaan tanpa harus menanggalkan tugas utama, sehingga Paskibra benar-benar menjadi kelompok manusia Indonesia terdidik, kompetitif, kreatif, inovatif, dan mandiri.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan mengucapkan syukur atas terlaksananya pilkada serentak 2018 di Kota Bandung dengan damai, kondusif, menyenangkan dan tidak menegangkan. Karena di Kota Bandung, Pilkada seperti halnya sebuah pesta dengan aneka warna dan dekorasi tanpa menghilangkan esensi demokrasi.

Siapapun pemenangnya adalah pimpinan yang harus kita taati dan hormati. Kalau pun terdapat sekat sebagai dampak dari sebuah pesta demokrasi, Ridwan berharap hal tersebut dapat segera kita hilangkan ganti dengan semangat kebersamaan membangun kota kita tercinta ini.

Ridwan berharap Paskibraka dapat menjadi salah satu perekat masyarakat agar terus bersatu membangun negeri. ***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes