Peran Karang Taruna Begitu Penting Dalam Memberdayakan Potensi Pemuda

Drs. Yudi Hermawan, Camat Sukajadi

Sukajadi, kimcipedes.com - Peran Karang Taruna di masyarakat harus terus ditingkatkan, karena potensinya cukup besar untuk menopang keseimbangan pembangunan di tiga sisi, yakni infrastruktur, Budaya dan kemanusiaan, yang bermuara pada pencapaian visi kota Bandung yang unggul, nyaman dan Sejahtera. Hal tersebut dikatakan dalam sambutann Pjs. Wali Kota Bandung, M. Solihin saat penerimaan kunjungan Tim Verifikasi Lapangan/Seleksi Tahap 2 Karang Taruna Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 ke Sekretariat Karang Taruna Haur Galuh di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Minggu, 13/05/2018.

Solihin menjelaskan penyelenggaraan otonomi yang luas, nyata dan bertanggungjawab dalam kerangka NKRI telah menyiratkan pembangunan harus berbasis aspirasi, prakarsa dan inisiatif masyarakat, termasuk dalam bidang kesejahteraan sosial. Pada posisi inilah peran karang taruna begitu penting, terutama untuk memberdayakan potensi pemuda agar ikut berkiprah dalam pembangunan, khususnya dalam membantu pemerintah mengatasi isu-isu kemiskinan, Pengangguran dan persoalan kesejahteraan sosial lainnya. Secara faktual, karang taruna tidak saja menjadi wadah para pemuda untuk berkreasi, tetapi juga telah terbukti mampu berperan sebagai sumber inspirasi dalam pengembangan sumber daya masyarakat, yang secara teknis dilaksanakan secara bersama-sama oleh pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat pada umumnya.

Itu pula sebabnya, Solihin menilai karang taruna merupakan mitra pemerintah yang sangat strategis, terutama dalam melaksanakan fungsi pembinaan kader dan lingkungannya, dalam rangka membangun sumber daya manusia yang mandiri, handal, dinamis, kreatif dan inovatif.

"Alhamdulillah saya pun merasa bersyukur kiprah Karang Taruna Haur Galur Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi diperhitungkan di Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang Insya Allah hari ini diverifikasi, dan mudah-mudahan pula berbuah hasil sesuai harapan pemerintah dan warga Kota Bandung". Bagaimanapun verifikasi bisa dikatakan sebagai apresiasi dan penghormatan atas kerja keras Karang Taruna Haur Galur, yang selama ini dinilai mampu menjalankan peran dan fungsi secara proporsional, menjadikan karang taruna sebagai wadah berkaya generasi muda," ungkap Solihin.
Masih menurut Solihin, bahwa sangat disadari verifikasi karang taruna dalam sebuah kompetisi mengandung makna pembinaan dan pemberdayaan, sekaligus apresiasi dari pemerintah kepada warga karang taruna jaya yang berprestasi di bidang kesejahteraan sosial, dan dianggap layak sebagai teladan bagi organisasi sosial lainnya. Sebagai forum pembinaan dan pemberdayaan, upaya ini juga terkait dengan dorongan motivasi agar kiprah karang taruna ke depan lebih bersinergi dengan kebijakan pemerintah, khususnya untuk membawa masyarakat menuju kehidupan yang maju, sejahtera dan berkeadilan. Begitu pula sebagai apresiasi, tidak terlepas dari kiprah Karang Taruna Haur Galur yang telah terbukti cukup aktif dalam pembangunan kesejahteraan sosial, khususnya melalui penguatan kemampuan masyarakat dalam memenuhi hak-hak dasarnya di bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Oleh karena itu, Solihin berharap kunjungan tim verifikasi hari ini dapat mendorong peningkatan peran dan prestasi Karang taruna Haur galur, karena prestasi dan keteladanan yang sesungguhnya bukan hanya menjadi Juara di tingkat provinsi atau nasional, tetapi ketika karang taruna Haur galur benar-benar mampu menjalankan perannya sebagai motor penggerak dalam mengubah nasib warga ke arah yang lebih baik lagi.

Solihin, percaya tim verifikasi dari provinsi dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada Karang Taruna Haur Galur secara lebih komprehensif, terutama dalam mengatasi setiap tantangan dan kendala yang dihadapi organisasi. Apalagi menjelang bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriyah yang bersamaan dengan tahapan, jadwal dan program pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, karang taruna diharapkan ikut mendorong partisipasi masyarakat, agar pilkada serentak 2018 tanggal 27 Juni mendatang berlangsung aman, damai dan demokratis.

Camat Sukajadi, Drs. Yudi Hermawan mengapresiasi peran kerja Karang Taruna Haur Galuh yang mampu menghadirkan Tim Verifikasi Lapangan/Seleksi Tahap 2 Karang Taruna Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018di Sekretariat Karang Taruna Haur Galuh ini. Bukan hal yang mudah untuk dapat menghadirkan tim verifikasi ini, tentunya dengan upaya dan kerja keras kader Karang Taruna Haur Galuh dalam memberdayakan pemuda dan mendorong partisipasi masyarakat untuk dapat berperan dalam pembangunan diwilayah," ungkap Yudi. ***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes