Baznas Kota Bandung Salurkan Bantuan Untuk Masjid

BANDUNG, kimcipedes.com - Enam masjid besar yang berada di kecamatan serta 25 masjid di kelurahan yang ada di Kota Bandung, mendapat bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Bantuan diserahkan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin saat melakukan Safari Ramadan ke Masjid Al Hidayah Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (25/5/2018).

Sumbangan secara simbolis diserahkan kepada Masjid Besar Antapani (Baitul Muttaqien), Masjid Besar Arcamanik (Al Hidayah), Masjid Besar Ujung Berung (Husnul Khotimah) dan Masjid Besar Mandalajati (Al Ikhlas). Setiap masjid besar mendapat bantuan Rp 10 juta, sedangkan masjid yang berada di kelurahan mendapat Rp 5 juta.

"Total bantuan yang berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung tersebut sebesar Rp 185 juta. Bantuan yang diserahkan ini dananya sebagian besar berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang dikumpulkan setiap bulan," kata Solihin.

Menurut Solihin, dana ini berasal dari zakat wajib para ASN Pemkot Bandung yang dipotong langsung dari penghasilan tetapnya. “Tidak setiap harta yang dimiliki merupakan hak kita. Di dalam penghasilan tersebut ada hak orang lain yang lebih membutuhkan. Oleh karena itu, Pemkot Bandung memaksa zakat ditarik dari penghasilan," jelas Solihin.

Selain menyerahkan bantuan, Solihin pada kesempatan tersebut memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Ia menceritakan sedikit pengalamannya saat Ramadan.

"Saya mendapat teguran dari anak kecil ketika buka bersama anak yatim piatu. Anak tersebut menyampaikan kepada saya bahwa dirinya baru bisa makan seperti ini hanya di bulan Ramadan saja. Karena begitu masuk bulan Syawal tidak ada undangan makan,” cerita Solihin.

Dari pengalaman tersebut, Solihin berkesimpulan bahwa perbuatan saling berbagi tidak hanya dilaksanakan di bulan Ramadan. Tetapi juga harus dilaksanakan di bulan-bulan selanjutnya.

"Sesungguhnya bulan Ramadan ini adalah latihan untuk kita agar dapat beramal di bulan-bulan lainnya yang akan datang," tuturnya.***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes