Deputi Bidang Perlindungan Anak, Kemen PP dan PA Bertandang ke FKPA Sukajadi

Deputi Bidang Perlindungan
Lurah Cipedes Dedi Rustandi,SH saat pemaparan program

KIM CIPEDES, SUKAJADI - Fenomena yang mencengangkan prilaku anak termajinal yang kurang mendapat perhatian dan kasih sayang orangtuanya. Faktanya, diwilayah Sukajadi dari 40 orang anak hampir separohnya sudah mengetahui apa itu alat kontrasepsi bahkan kita tercengang anak usia 13 – 14 tahun sudah merasakan nikmatnya seks sehingga akan rentan terserang penyakit HIV Aids. Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Peduli Anak (FKPA) Sukajadi, Usman dihadapan Deputi Bidang Perlindungan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra. Valentina Gintings,. M.Si saat melakukan kunjungan ke Forum Peduli Anak (FKPA) Sukajadi, bertempat di Aula Kelurahan Cipedes, Rabu, 17/04/2018.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kabid Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung, Eem Sukaemah, Sekretaris Kecamatan Sukajadi, Agung Purnomo, Kepala UPT Puskesmas Sukajadi dr. Erty Rostiaty, Lurah Cipedes Dedi Rustandi,SH, Sekretaris Kelurahan Cipedes Sudirman, S.Sos, Dinas Sosial Kota Bandung, Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ketua Karang Taruna Rajawali Kelurahan Cipedes Dedi Djunaedi, dan mitra pelaksana Program Peduli Pilar Anak NTT, Lampung, Surabaya,Ujungpandang, Blitar, Palembang, Jember, DKI Jakarta, Garut, serta tamu undangan lainnya.


Menurut Usman, dari tahun 2016 – 2017, peran FKPA Sukajadi hanya sebagai pendamping, teman bahkan sahabat anak-anak marjinal untuk mempermudah memperoleh informasi permasalahan yang terjadi pada diri anak tersebut. Kita mendampingi mereka untuk berobat ke Puskesmas, bahkan baru-baru ini kita memperhatikan salahsatu anak mengalami bintik-bintik merah pada kulit. Dalam waktu dekat ini kita akan upayakan anak tersebut untuk berobat ke Puskesmas. Alhamdulillah, FKPA sudah menjalin kerjasama dengan UPT Puskesmas Sukajadi dalam memberikan pelayanan pengobatan bagi anak-anak marjinal. Kami juga melibatkan anak-anak tersebut disetiap kegiatan FKPA, seperti bakti sosial, dan juga memberikan pelatihan tata boga bagi mereka. Karena keterbatasan personil dan minimnya dukungan anggaran, hanya ini yang baru bisa kami lakukan,” ujar Usman.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kecamatan Sukajadi Agung Purnomo mengatakan bahwa kami melalui komunitas – komunitas peduli anak berupaya untuk memberdayakan anak-anak termajinal ini dengan mengadakan sosialisasi dan pelatihan dengan anggaran yang terbatas. Anggaran kesejahteraan sosial dalam 1 tahun Rp. 12.500.00-, untuk 6 kali kegiatan pelatihan pemberdayaan remaja. Kita akan berupaya untuk mengusulkan pada musrenbang untuk anggaran pemberdayaan remaja ini lebih ditingkatkan semakmsimal mungkin,” ungkap Agung.

Kepala UPT Puskesmas Sukajadi, dr. Erty Rostiaty mengatakan untuk pelayanan pengobatan bagi anak-anak termajinal menjadi fokus utama kami. Kita cek kesehatan mereka dan hasilnya akan kami sampaikan kepada pendamping begitu juga untuk kapan harus kembali berobat ke Puskesmas,” ucapnya.

Lurah Cipedes, Dedi Rustandi, SH mengapresiasi peran Forum KPA ini, dengan semangatnya tanpa melihat nilai komersial untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa ini. Masih banyak anak yang mengalami masalah, seperti: penelantaran, eksploitasi, diskriminasi dan tindak kekerasan. Melihat permasalahan ini, kami pihak Kelurahan Cipedes tentunya tidak tinggal diam, kami telah membentuk forum-forum diantaranya Forum Peduli Remaja, Forum Peduli Lansia bersinergi dengan Karang Taruna dengan menggunakan anggaran Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK) untuk memberdayakan warga masyarakat dengan mengadakan pelatihan-pelatihan kewirausahaan.

Deputi Bidang Perlindungan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra. Valentina Gintings,. M.Si sangat mengapresiasi FKPA Sukajadi yang mendampingi anak-anak Indonesia khususnya anak – anak termajinal di sukajadi. Saya sudah mendengar upaya-upaya FKPA Sukajadi yang sangat luar biasa seperti apa yang disampaikan juga oleh Lurah Cipedes, dan akan menjadi bahan evaluasi dan laporan kami kepada pimpinan,” ucap Valen. ***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes