Kepala SMA Negeri 8 Bandung, Agung Indaryanto : Sekolah Wadah Menempa Karakter Siswa

Agung Indaryanto | Kepala SMAN 8 Bandung

Bandung, kimcipedes.com | Pendidikan di sekolah tidak hanya berperan untuk menambah pengetahuan tetapi juga menumbuhkan karakter. Oleh karena itu, sekolah perlu secara kreatif memberikan metode pendidikan yang efektif.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 8 Bandung Agung Indaryanto kepada murid-murid di sekolahnya. Ia tak memungkiri bahwa setiap anak adalah spesial. Mereka memiliki keistimewaan masing-masing, pun dengan masalah masing-masing.

Banyak guru yang berjuang untuk mendidik muridnya, tapi ada pula yang menyerah pada mereka yang bermasalah. Agung termasuk orang yang ingin membuat sekolah sebagai wadah untuk menempa karakter. Ia tidak begitu saja menyerah menangani anak-anak yang bermasalah.

Pada bulan Juli lalu, ia bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung dan TNI menggelar program Pendidikan Bela Negara kepada 101 anak didik bermasalah di sekolahnya. Mereka diberi pendidikan langsung oleh TNI di SECAPA Kota Bandung selama tiga hari.

"Saya percaya bahwa tidak ada anak yang nakal. Mereka hanya unik, beberapa punya masalah. Di sanalah sekolah hadir untuk memberikan arahan," tutur Agung dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Kamis (26/10/2017).

Ia menjelaskan, ada anak yang malas, ada pula yang punya masalah keluarga, dan tak sedikit yang salah masuk lingkungan pergaulan. Mereka inilah yang harus mendapat pembinaan. "Guru-guru lain sudah menyerah, mereka hampir tidak naik kelas. Tapi saya punya kebijakan anak ini harus kita bina. Pada saat rapat pleno saya membela mereka habis-habisan," katanya.

Selama tiga hari itu, anak-anak diberi pendidikan dan pelatihan oleh para pakar. Mereka dilatih kepatuhan, kedisiplinan, dan kepercayaan diri. Hasilnya, para siswa kini bisa lebih mampu mengendalikan dirinya dan berubah ke arah yang positif. Bahkan ada yang berani menjadi pemimpin upacara. "Sebenernya anak itu tidak ada nakal. Hanya tinggal bagaimana kita memberi kepercayaan pada mereka sehingga timbul kepercayaan diri mereka," ujarnya. ***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes