Kadis P3APM Kota Bandung, Dedi Supandi : Pemkot Bandung Akan Luncurkan Kredit Bagja

Bandung, kimcipedes.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung fokus dalam pemberdayaan dan meningkat kesejahteraan masyarakat. Setelah meluncurkan program kredit Melati dan Kredit Mesra, Pemkot Bandung akan segera meluncurkan program kredit Bakja (Bagian Keluarga Sejahtera) yang diperuntukan untuk kelompok – kelompok usaha di UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) salahsatu kegiatan Pokja 2 TP PKK Kota Bandung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung, Dedi Supandi mengatakan rencana lounching kredit Bakja ini sudah dibahas dengan Walikota Bandung, TP PKK Kota Bandung, PD BPR Kota Bandung dan Bagian Ekonomi Kota Bandung. UP2K mempunyai peran penting dalam menyalurkan bantuan kredit Bagja kepada kelompok-kelompok usaha disetiap kelurahan,” ungkap Dedi Supandi kepada KIM Cipedes ketika ditemui pada Musyawarah Kecamatan Forum RW Kecamatan Babakan Ciparay, bertempat di Aula Kecamatan Babakan Ciparay, Minggu, 22 Oktober 2017.

Dedi menjelaskan UP2K ini merupakan bagian dari kegiatan yang ditangani oleh Pokja 2 TP PKK Kota Bandung. Disetiap kelurahan ada Pokja 2 TP PKK sebagai Kopsus (kelompok khusus), dan nanti dimasyarakat ada Koplak (Kelompok Pelaksana). Saat ini sudah ada 867 Koplak di Kota Bandung. Anggaran yang disediakan Pemerintah Kota Bandung disetiap UP2K mencapai Rp. 6,06 Miliar. Bagi kelurahan yang tidak ada UP2K tidak akan mendapat anggaran kredit Bagja atau anggaran nol,” ujar Dedi.

Menurut Dedi, masyarakat umum pun bisa mengajukan kredit Bagja ini, hanya yang menjadi juru taksir dari BPR untuk menilai masyarakat itu layak diberikan bantuan kredit Bakja ini adalah kelompok Khusus UP2K. Dan mengenai jaminan disesuaikan dengan aturan perbankan.

Mudah-mudahan, lanjut Dedi, dengan adanya kerjasama dari PD BPR Kota Bandung ini dapat meningkatkan pola manual UP2K menjadi pola perbankan. Lounching Kredit Bakja direncanakan pada tanggal 13 November 2017 pada kegiatan temu kader posyandu di Gedung Sabuga Bandung, kalaupun diundur kemungkinan tanggal 6 Desember 2017 di acara gelar Pemberdayaan Masyarakat,” pungkas Dedi Supandi. @Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes