Lurah Cipedes, Dedi Rustandi, SH : Jalinan Kebersamaan Antar Warga Agar Selalu Dijaga

Lurah Cipedes

KIM Cipedes, Bandung | Kreativitas warga Kelurahan Cipedes patut diacungi jempol, anak-anak, pemuda/i dan orangtua unjuk kebolehan dalam Pentas Seni yang digelar disetiap RT, RW. Kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI K2 72.

Lurah Cipedes, Dedi Rustandi, SH mengapresiasi aktivitas warga dalam rangka mengisi dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72 disetiap RT, RW. Selain itu, yang paling utama makna dari penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah ajang silaturami antar warga yang selama ini karena kesibukan tersendiri sehingga jalinan silaturahmi agak berkurang. Disinilah waktunya yang paling tepat, bahu membahu, saling bantu membantu, dan bergotongroyong sehingga akan tercipta kerukunan antar warga. Hal ini terbukti dengan banyaknya kegiatan kegiatan di setiap lingkungan RT dan RW Se Kelurahan Cipedes. Seperti kegiatan Karnaval, Futsal dan Pentas Seni, juga kegiatan kegiatan lomba lainnya. Kita harapkan kebersamaan ini tetep selalu terjaga sehingga akan tercipta lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif,” ungkap Lurah Cipedes, Dedi Rustandi, SH ketika ditemui KIM Cipedes diruang kerjanya, Senin, 11 September 2017

Hal yang serupa juga dikatakan Sekretaris Kelurahan Cipedes, Sudirman, S.Sos., bahwa warga masyarakat Cipedes memiliki bakat kreasi dalam berbagai bidang seperti seni budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Begitu juga dibidang olahraga, bakat anak-anak kita bisa disalurkan dengan adanya pertandingan futsal yang diselenggarakan hampir disetiap RW.

Saya menghimbau agar lebih di mantafkan dan di tingkatkan kegiatan -kegiatan di kalangan masyarakat, kami pihak Kelurahan sangat mendukung dan berupaya mendorong kegiatan yang ada di masyarakat supaya lebih baik dan lebih meningkat, karena semua itu adalah asset kelurahan, yang akan membawa nilai tambah bagi kelurahan Cipedes.

Selain itu, Sudirman juga menyampaikan kepada jajaran linmas agar lebih meningkatkan dalam menjaga keamanan lingkungannya serta gar dapat menangulangi masalah pendatang yang tidak diketahui identitas dirinya agar dapat melaporkan kepada RT dan RW setempat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dalam mengantisipasi hal- hal yang tidak diharapkan,” ungkap Sudirman.

Lebih lanjut dikatakan Dirman sapaan akrab Seklur Cipedes ini, Linmas, Jabur, Gober dan Tim Kebersihan agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat program-program Pemerintah Kota Bandung salahsatunya Program Gerakan Hidup Sehat.

GERMAS

Pembangunan kesehatan menurut Dirman, pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa ; untuk itu Gerakan Masyarakat (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Secara umum tujuan Germas kata Dirman adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan. Pergeseran pola penyakit ini mengakibatkan beban pada pembiayaan kesehatan negara. Sumber daya yang dibutuhkan untuk mengobati PTM selain membutuhkan biaya tinggi juga membutuhkan waktu yang panjang. Sehingga Kementerian Kesehatan mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung GERMAS sebagai tindakan preventif, dengan mengkampanyekan dan melakukan beberapa tindakan yang dianjurkan, yaitu melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban," ujar Dirman. Asep WH

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes