Dua Perguruan Tinggi Meneliti KIM Cipedes Sebagai Pelayanan Publik

KIM Cipedes, Bandung - Dosen Administrasi Negara FISIP Universitas Pasundan, Mira RG Wiranatakusuma dan Kandidat Doktor Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Budi Subagio melakukan penelitian tentang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai Pelayanan Publik.  KIM Cipedes sebagai obyek penelitian yang dilakukan 2 (dua) orang desen ini untuk desertasi gelar doktor yang akan diraihnya.
Penelitian dilakukan pada Kamis, 03 Agustus 2017, sekitar pukul 13.00 WIB, ketika Lurah Cipedes, Dedi Rustandi, SH, Ketua KIM Cipedes, Asep Wahyu Hermawan, Sekretaris KIM Cipedes, Martika Edwandi dan FK KIM Kota Bandung, Asep Mulyana sedang asyik ngobrol santai diruang kerja Lurah Cipedes, membahas tentang giat Recheking Posyandu Cemara, tidak lama dari itu, datanglah 2 (dua) dosen ini dengan tujuan ingin bertemu dengan Pengurus KIM Cipedes dan ingin mengetahui sejauhmana peran KIM Cipedes dalam memberikan pelayanan terhadap warga dalam bidang informasi. 

Ketua KIM Cipedes, Asep Wahyu Hermawan mengatakan peran KIM Cipedes sebagai jembatan penghubung warga dengan Pemerintah begitu juga sebaliknya antara Pemerintah dan masyarakat dalam memberikan informasi. Aspirasi dan permasalahan yang timbul dimasyarakat dapat kita sampai kepada pemerintah begitu juga dengan program-program kebijakan pemerintah kita informasikan kepada masyarakat, melalui whatShap, twitter, facebook, blogger dan bahkan dengan cara bertatap mata langsung dengan warga,”ungkap Asep Wahyu Hermawan yang akrab dipanggil Aa Rommy. 

Selama ini, kata Rommy informasi mengenai program pemerintah terkadang masyarakat tidak mengetahui. Baru-baru ini Walikota Bandung meluncurkan program Layad Kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu, apakah masyarakat mengetahui mengenai program ini, dan bagaimana cara untuk pelayanan layad ini. Walaupun Camat dan Lurah sudah menyampaikan mengenai program Layad tersebut kepada Ketua RW, RT tapi apakah informasi sampai kepada masyarakat? Nah disinilah peran KIM sebagai pelayanan publik yang dapat menyampaikan dan meluruskan informasi kepada masyarakat, supaya terhindar dari berita HOAX,” ujar Rommy. 

Selain itu, kata Rommy KIM Cipedes juga memiliki beberapa kelompok binaan Usaha Ekonomi Produktif seperti Kelompok Pengelola Air, Pembuatan Roti Mashai Bakery dan Basreng serta penataan PKL, dll.

Sementara itu, Lurah Cipedes, Dedi Rustandi, SH mengatakan merasa terbantu dengan adanya KIM di Kelurahan Cipedes. KIM ini sangat cepat mendapatkan informasi, kita pejabat kelurahan belum mengetahui, KIM sudah duluan menginformasikan kepada masyarakat. Seperti kemarin ini, Kota Bandung Kembali Meraih Piala Adipura, kita belum mendapat infromasi, KIM Cipedes sudah menyebarkan informasi melalui WhatShapp lengkap dengan Surat Undangan dari Kementeraian yang terkait. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita sendiri, informasi – informasi Kota Bandung, bahkan Pemerintah Pusat warga Cipedes pasti mengetahui melalui KIM,” ungkap Dedi. 

Penelitian ini akan berlanjut pada hari Minggu, 06 Agustus 2017, salahsatu melihat langsung Usaha Ekonomi Kreatif Binaan KIM Cipedes dan wawancara pelaku usaha dan warga setempat. Tim R

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes