Kota Bandung Akan Miliki Rumah Sakit Bagi Warkin


KIM Cipedes, Bandung | Kota Bandung akan memiliki rumah sakit khusus bagi warga miskin (warkin). Rumah sakit ini akan berdiri di atas lahan bangunan eks Bank Mayapada yang berlokasi di kawasan Sudirman. Prioritas utamanya, adalah mereka warga Bandung meski tetap terbuka bagi warga lain.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Kota Bandung berhasil melobi pemilik gedung yang merupakan milik pengusaha Tahir untuk mengubahnya menjadi rumah sakit yang fokus melayani warga tidak mampu. "Alhamdulillah bersepakat akan mengkonversi (gedung) menjadi rumah sakit dengan fokus menengah bawah. Difasilitasi oleh BPJS, kalau orang miskin kan BPJS-nya dibayarin Pemkot," ujar Ridwan kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, Rabu, 14/06/2017.

Walikota Bandung yang akrab dipanggil Kang Emil menjelaskan, gedung yang memiliki 14 lantai tersebut selama ini dibiarkan menganggur. Rencananya setelah menjadi rumah sakit akan memiliki fasilitas canggih dan modern. "Sekarang Bank Mayapada cuma satu lantai doang, jadi ada 14 lantai. Swasta kadang-kadang cuek menengah ke bawah, karena profit oriented. Jadi pemiliknya merupakan orang sosial tinggi, ya kebetulan ketemu orang baik ketemu bangunan nganggur. Dana seratus persen mereka, saya cuma mengarahkan saja," katanya.

Menurut Emil, pihak Mayapada sendiri meminta waktu untuk melakukan renovasi. Mayapada Hospital Bandung, ditargetkan beroperasi dipertengahan tahun 2018 mendatang. Layaknya rumah sakit lainnya, Mayapada Hospital Bandung dilengkapi berbagai fasilitas. "Masyarakat menengah ke bawah difasilitasi oleh BPJS dan orang miskin tetap difasilitasi oleh pemerintah. Mereka minta waktu sembilan bulan untuk merenovasi ruang kosong menjadi rawat inap dan lain-lain," ujar Kang Emil. 
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes